UMM Institutional Repository

MOTIVASI BERPRESTASI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SEBELAS PATRIOT (SEBUAH KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

PRAYOGA, YONA (2015) MOTIVASI BERPRESTASI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SEBELAS PATRIOT (SEBUAH KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yenianggun-39246-1-pendahul-s.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yenianggun-39246-2-babinew.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang ini didasari pertimbangan adanya motivasi berprestasi tokoh utama dalam novel Sebelas Patriot. Pernyataan diatas memberikan inspirasi kepada peneliti untuk melakukan penelitian mengenai motivasi dan sumber motivasi tokoh utama dalam novel Sebelas Patriot.Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang,(1) Bagaimana motivasi tokoh utama dalam novel Sebelas Patriot.(2) Apa sumber motivasi tokoh utama dalam novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisi isi novel Sebelas Patriot. Sumber data berupa uraian kata, frase, klausa dalam novel yang berjudul Sebelas Patriot karya Andrea Hirata. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama memiliki motivasi dan sumber motivasi yang mampu membantu pembaca untuk mengetahui gambaran tokoh utama pada novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata. Motivasi tokoh utama tersebut yaitu,(1)Semangat tokoh Ikal yang memiliki banyak mimpi-mimpi besar dan mampu mewujudkan cita-citanya karena usahanya yang begitu keras dan tak pernah menyerah dengan nasib,untuk berjuang tanpa mengenal lelah demi memperbaiki hidupnya dengan bekerja dengan semangat demi mencukupi kebutuhan keseharianya. Dan sumber motivasi yaitu,(2) Dalam suatu pekerjaan yang dijalani tokoh Ikal agar bisa mengejutkan hati ayahnya dengan memberikan hadiah. Impian dan cita-cita usaha tokoh Ikal ini akhirnya tercapai bisa memberikan hadiah kaos Luis Figo kepada ayahnya dan disamping itu cita-cita dan impian untuk ingin membahagiakan orang tuanya akhirnya tercapai. Penelitian dalam hal ini menemukkan delapan aspek berprestasi yaitu berupa, (1) Menumbuhkan sikap cepat tanggap, (2) Berjuang tanpa lelah, (3) Sukses dan bisa menggapai impian, (4) Bekerja dengan semangat, (5) Tulus dan ikhlas, (6) Saling membantu dan memberi, (7) Berkorban dan (8) Serius dan istiqomah dalam meraih mimpi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 01:28
Last Modified: 24 Mar 2016 01:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21999

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo