UMM Institutional Repository

ANALISIS GAYA BAHASA PENGUATAN PEMBELAJARAN OLEH MAHASISWA PRAKTIKAN KELAS XI DI MA MUHAMMADIYAH 01 TLOGOMAS MALANG

PRATIWI, YENI ANGGUN (2015) ANALISIS GAYA BAHASA PENGUATAN PEMBELAJARAN OLEH MAHASISWA PRAKTIKAN KELAS XI DI MA MUHAMMADIYAH 01 TLOGOMAS MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yenianggun-39246-1-pendahul-s.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yenianggun-39246-2-babinew.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pengajar yang baik harus trampil dalam menciptakan suasana belajar siswa agar aktif dalam kegiatan pembelajaran, supaya dalam kegiatan belajar mengajar dapat terarah. Seorang guru memiliki peran yang sangat penting guna menciptakan kondisi atau suatu proses yang baik. Berkenaan dengan hal ini, keterampilan mengajar guru, dalam berinteraksi dengan siswa sangat dibutuhkan. Salah satu wujud keterampilan mengajar tersebut yakni adanya interaksi yang mendukung pembelajaran, diantaranya dengan menumbuhkan semangat siswa dalam belajar dengan pemberian penguatan atas hasil belajar siswa. Keterampilan mengajar guru terkait dengan memberi penguatan verbal. Pada dasarnya berkaitan erat dengan ilmu bahasa (gaya bahasa) karena dalam proses belajar mengajar guru memberikan pembelajaran tersebut dengan menggunakan bahasa yang sesuai dan terjadi proses komunikasi yang berkesinambungan. Sehingga pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut mendapat respon imbal balik dan tujuan pembelajaran tersebut tercapai. Pada penelitian ini peneliti mengamati dan menganalisis dari tuturan penguatan yang diberikan guru yang berkaitan dengan ilmu bahasa (gaya bahasa) yaitu berupa sendi, jenis, gaya bahasa nada tersebut. Sendi gaya bahasa ada tiga yaitu kejujuran, sopan santun, menarik dan Jenis gaya bahasa ada dua yaitu nonbahasa, bahasa. Gaya bahasa berdasarkan nada ada tiga yaitu gaya sederhana, gaya mulia dan bertenaga, gaya menengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif karena pengambilan data yang diambil bersifat apa adanya dan bersumber dari komunikasi yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan pada proses belajar mengajar di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, catatan lapangan. Instrument yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis gaya bahasa tuturan penguatan mahasiswa praktikan dalam interaksi belajar mengajar yaitu peneliti menemukan sendi gaya bahasa (kejujuran, sopan santun, menarik), jenis gaya bahasa (nonbahasa dan bahasa), gaya bahasa berdasarkan nada (nada sederhana, nada mulia dan bertenaga, nada menengah) pada tuturan penguatan yang dilakukan oleh mahasiswa praktikan pada saat belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 01:25
Last Modified: 24 Mar 2016 01:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21998

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo