UMM Institutional Repository

ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI DAN SEKTOR UNGGULAN ANTAR KABUPATEN DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Lubis, Edi Saputra (2015) ANALISIS PERTUMBUHAN EKONOMI DAN SEKTOR UNGGULAN ANTAR KABUPATEN DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. Other thesis, university of muhammadiyah malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-edisaputra-39945-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-edisaputra-39945-2-babi.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian in merupakan peneltian terapan, menggunakan data sekunder dari BPS dengan mengambl judul “ Analisa Pertumbuhan Ekonomi dan Sektor Unggulan Antar Kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bangka Belitung Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui laju pertumbuhan ekonomi masing-masing Kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dan untuk mengetahui sektor unggulan dan bukan unggulan, selain itu untuk mengetahui pola dan struktur ekonomi masing-masing Kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Alat analisi yang digunakan adalah Tipologi Klassen yang digunakan untuk mengetahui pola dan struktur perekonomian dan Location Quotient (LQ) yang digunakan untuk mengetahui sector unggulan dan sektor bukan unggulan dan Shift Share (SS) untuk membandingkan perbedaan laju pertumbuhan sebagai sektor di daerah kota,kabupaten dengan wilayah yang lebih besar. Berdasarkan kriteria Tipologi Klassen dapat kita ketahui bahwa Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Belitung masuk katagori Kabiupaten “Berkembang Cepat” sedangkan Kabupaten Belitung Timur masuk katagori daerah “Cepat Maju dan Cepat Tumbuh” dan Kabupaten Bangka Barat masuk katagori Kabupaten “Maju Tapi Tertekan” sedangkan Kabupaten Pangkal Pinang masuk katagori daerah “Relatif Tertinggal” Berdasarkan kriteria LQ (Location Quotient) dapat kita ketahui bahwa ada beberapa sektor unggulan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ditandai dengan nilai LQ lebih dari satu, artinya sektor tersebut perannya dalam perekonomian di Provinsi Bangka Belitung memberikan kontribusi yang besar. Berdasarkan kreteria Shift Share bahwa semua daerah memiliki pertumbuhan yang cepat di sektor Pertanian; Industri Pengolahan; Listrik, Gas, dan Air Bersih; Pengangkutan dan Komunikasi; Keuangan (Persewaan dan Jasa Perusahaan) dan Jasa-jasa.daya saing pada Kabupaten Bangka terjadi pada sektor Pertanian; Pertambangan dan Penggalian; Bangunan; Perdagangan, Hotel, dan Restoran. Pada kabupaten belitung, bangka barat, bangka tengah dan bangka selatan memiliki daya saing pada sektor yang sama yaitu Bangunan; Perdagangan, Hotel, dan Restoran. pada Kabupaten Belitung Timur, daya saing terjadi pada sektor Pertambangan dan Penggalian; Bangunan; Perdagangan, Hotel, dan Restoran. Sedangkan pada Kabupaten Pangkal Pinang daya saing terjadi pada sektor Perdagangan, Hotel, dan Restoran. Implikasi dari penelitian diatas adalah perlu semakin ditingkatkannya sektor unggulan yang ada pada masing-masing kecamatan dan peningkatan laju pertumbuhan ekonomi baik dari sisi pendapatan perkapita maupun PDRB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 12:53
Last Modified: 23 Mar 2016 12:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21991

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo