UMM Institutional Repository

ANALISIS KINERJA LEMBAGA ISTIMEWA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 44 TAHUN 1999 TENTANG PENYELENGGARAAN KEISTIMEWAAN ACEH (Penelitian Pada Lembaga Istimewa Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam Provinsi Aceh)

Putra, Febrian Deli (2015) ANALISIS KINERJA LEMBAGA ISTIMEWA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 44 TAHUN 1999 TENTANG PENYELENGGARAAN KEISTIMEWAAN ACEH (Penelitian Pada Lembaga Istimewa Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam Provinsi Aceh). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan Undang-undang nomor 44 tahun 1999 tentang penyelnggaraan keistimewaan Aceh maka provinsi aceh berhak menjalankan proses keistimewaan tersebut sebagai wujud provinsi istimewa. Penyelenggaraan keistimewaan itu meliputi penyelenggaraan kehidupan beragama, penyelenggaraan kehidupan adat, penyelenggaraan pendidikan, dan peran ulama dalam penetapan kebijakan daerah. Didalam undang-undang tersebut menyatakan bahwa penyelenggaraan keistimewaan diwujudkan dengan membentuk lembaga isitmewa baik ditingkatan provinsi maupun kabupaten/kota. Majelis Pendidikan Daerah (MPD) adalah salah satu lembaga istimewa yang bergerak dibidang pendidikan. Di Kota Subulussalam sendiri keberadaan MPD belum optimal dalam penyelnggaraan keistimewaan. Keberadaan MPD belum menunjukkan konteks keistimewaan itu sendiri. Pelaksaan tugas dan fungsi sebagai lembaga istimewa masih belum terlihat bahkan MPD bisa dikatakan selayaknya satuan kerja daerah lainnya yang tidak berbeda sama sekali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja lembaga istimewa pada MPD yang bergerak dibidang pendidikan di Kota Subulussalam . Untuk mencapai tujuan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Unit analisis adalah individu dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memberikan informasi tentang Kinerja MPD. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Kinerja MPD di Kota Subulussalam sebagai lembaga istimewa masih belum optimal. Ini terlihat dari hasil data yang diperoleh. Misalnya seperti laporan kagiatan yang tidak menunjukkan tingkat keberhasilan yang telah dicapai atau tidak adanya keterangan yang jelas terhadap kegiatan tersebut dan hanya sebatas terlaksanya saja. Disisilain hubungan MPD dengan pemrintah daerah juga belum jelas. Tidak adanya komunikasi yang intens dalam menjalankan peran dan fungsinya. Ini menunjukkan bahwa MPD belum memposisi sebagai lembaga istimewa dengan pemerintah daerah di Kota sbulusslam. Sementara posisi MPD dengan pemerintah Kota Subulussalam adalah sejajar. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kinerja MPD sebagai lembaga istimewa di Kota Subulussalam secara umum dapat dikatakan belum berjalan dengan dengan baik, berdasarkan hasil kinerja yang telah dicapai MPD menunjukkan hasil yang signifikan. dalam perjalannya MPD sebagai wujud penyelenggaraan keistimewaan harus menunjukkan posisi yang jelas dan menjadi pembeda dengan perangkat lainnya di Kota Subulussalam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 12:37
Last Modified: 23 Mar 2016 12:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21985

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo