UMM Institutional Repository

PROFESIONALISME KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PELAYANAN PUBLIK ( Studi Tentang Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, dan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Malang )

LALOGIROT, PRIMANDO YONATAN (2015) PROFESIONALISME KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM PELAYANAN PUBLIK ( Studi Tentang Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, dan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-primandoyo-40518-2-babi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-primandoyo-40518-1-pendahul-n.pdf

Download (992kB) | Preview

Abstract

Profesionalisme kerja pegawai negeri sipil sangat di tentukan oleh tingkat kemampuan pegawai yang tercermin dalam perilakunya sehari-hari dalam organisasi. Kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan public mengarah pada pencapaian tujuan organisasi yang telah di planning sebelumnya, untuk itu dilakukan penelitian apakah profesionalisme kerja pegawai negeri sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipi ltelah mampu memberikan pelayanan publik yang baik,dalam hal ini pelayanan pembuatan KTP, KK dan Akta Kelahiran. Untuk itu rumusan masalah adalah bagaimana profesionalisme kerja pegawai negeri sipil dalam pelayanan publik? Dalam penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidak profesionalisme kerja pegawai negeri spil dalam pelayanan publik, pembuatan KK, KTP dan Akta Kelahiran dan untuk mengetahui pelayanan pegawai negeri sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudahkah memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, meyajikan data, menganalisisi dan meninterpretasi yang bersifat perbandingan dan korelasi, yang berhubungan dengan objek penelitian serta berusaha menjelaskan dan menggambarkan variable penelitian secara mendalam dengan tujuan yang telah dirumuskan. Sedangkan subyek penelitian adalah Pegawai, kepala bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas, Sekertaris serta Masyarakat. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan tentang profesionalisme kerja pegawai negeri sipil dalam memberikan pelayanan yang meliputi responsivitas, efektivitas, efisiensi dan kualitas standar pelayanan publik, dapat secara umum, dikatakan cukup baik yaitu telah memenuhi standar pelayanan minimal, Namun masih terdapat kelemahan, terutama tentang etos kerja yang kurang kuat dan fasilitas kantor yang masih minim sehingga berimplikasi pada pelayanan yang kurang optimal. Dilihat dari faktor yang mempengaruhi profesionalisme kerja pegawai negeri sipil dalam pelayanan, Ada upaya yang di lakukan untuk meningkatkan profesionalisme kerja yaitu memberikan kesempatan pada pegawai, menyediakan fasilitas, pengawasan oleh kepala dinas dengan meningkatkan disiplin waktu, disiplin kerja dan memeriksa laporan hasil kerja. Pada umumnya pelayanan yang di berikan oleh Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah sesuai dengan standar dan prosedur yang telah di tetapkan. Tetapi walaupun demikian masyarakat masih menginginkan adanya perbaikan kualitas dalam pemberian dan pelaksanaan pelayanan. rekomendasi yang dapat di kemukakan dalam skripsi ini untuk Dinas adalah melakukan perbaikan perekrutan. Penarikan pegawai yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kecakapan kerja akan memberikan hasil kerja yang baik serta pemberian pendidikan dan pelatihan teknis dan non teknis kepada pegawai sehingga pemberian pelayanan nantinya akan lebih efektif, tanggap dan cepat. Dalam penelitian ini, diharapkan bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk menambah kepustakaan dan pengembangan pengetahuan tentang Profesionalisme Kerja Pegawai Negeri Sipil dalam Pelayanan Publik. Disamping itu, bisa menjadi bahan evaluasi bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang untuk senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kinerja dan kualitas pegawainya dalam memberikan pelayanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 12:34
Last Modified: 23 Mar 2016 12:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21982

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo