UMM Institutional Repository

KALESANG DESA (Studi kasus tentang Implementasi Program Kalesang Desa di Kabupaten Buru)

Latar, Sahid Ridwan (2015) KALESANG DESA (Studi kasus tentang Implementasi Program Kalesang Desa di Kabupaten Buru). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sahidridwa-40520-2-babi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sahidridwa-40520-1-pendahul-n.pdf

Download (678kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Buru merupakan salah satu kabupaten yang mengalami dampak di berlakukannya UU No. 32/ 2004, yang mana pelaksanaan pembangunan pedesaan dengan melibatkan tiap level pemerintah dimulai dari pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa. Maksud di laksanakannya program Kalesang Desa adalah untuk memfasilitasi dan mendorong masyarakat di desa agar membangun dan menata desanya agar menjadi desa yang mandiri, sejahtera dan makmur sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Buru. Pengenalan karakteristik wilayah dan kearifan lokal (Local Wisdom) Desa yang akan dilaksanakan program Kalesang Desa di lingkup Pemerintahan Kabupaten Buru merupakan langkah awal untuk menentukan keberhasilan kegiatan ini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pedekatan kualitatif untuk mendeskripsikan variabel. Kajian pustaka yang digunakan semuanya berhubungan dengan pemerintah dan desa yaitu pengertian desa, pemerintahan desa, pembangunan desa dan kalesang desa sebagai upaya membangun desa berdasarkan kearifan lokal. Program kalesang desa yang terlaksana di desa Lala dan desa Karang Jaya di setiap bidangnya hampir terlaksana semuanya. Program kalesang desa ini mancakup bidang pendidikan, kesehatan, penyelenggraan pemerintah desa, pemberdayaan masyarakat desa, peningkatan infrastruktur desa dan peningkatan mental spiritual. Saran untuk pemerintah kabupaten buru agar para kepala SKPD memperluas subtansi tugas kalesang desa untuk didelegasikan kepada seluruh staf, guna menimbulkan kesan dan rasa tanggung jawab terhadap program ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 12:31
Last Modified: 23 Mar 2016 12:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21979

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo