UMM Institutional Repository

PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN EFEKTIF MIKROORGANISME 4 (EM4) DAN JENIS MEDIA TUMBUH TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI MAHONI (Swietenia macrophylla King)

NURFANSYAH, (2015) PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN EFEKTIF MIKROORGANISME 4 (EM4) DAN JENIS MEDIA TUMBUH TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI MAHONI (Swietenia macrophylla King). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfansyah-40153-2-babi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfansyah-40153-1-pendahul-n.pdf

Download (865kB) | Preview

Abstract

Kayu mahoni merupakan kayu yang paling digemari saat ini, dimana kayu yang memiliki tingkat kekerasan yang baik ini mampu menggoda pasar kayu untuk menggunakannya, kayu mahoni memiliki tingkat kekerasan yang membuatnya dapat dipergunakan dalam berbagai kebutuhan, misalnya untuk pembuatan perabotan rumah tangga, pembuatan kapal, dan kayu lapis. Selain itu, kayu yang dapat tumbuh dalam keadaan iklim yang ekstrim ini banyak dipergunakan untuk penghijauan dan reboisasi. Penggunaan efektif mikroorganisme (EM4) diharapkan dapat mengurai media organik yang berupa kotoran ternak, sehingga dapat meningkatkan efisiensi penyerapan unsur hara bagi semai mahoni. EM4 diaplikasikan sebagai inokulum untuk meningkatkan keragaman dan populasi mikroorganisme di dalam tanah dan tanaman, selanjutnya mikroorganisme yang terkandung dalam EM4 akan mendekomposer atau mengurai kotoran ternak untuk dapat menyediakan unsur hara yang dapat meningkatkan pertumbuhan semai mahoni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi larutan efektif mikroorganisme 4 (EM4) dan jenis media tumbuh terhadap pertumbuhan semai mahoni ( S. macrophylla. King) Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial, yang terdiri dari dua faktor dengan tiga ulangan. Faktor I adalah konsentrasi larutan EM4 (E) terdiri dari tiga taraf, yaitu : E1 = 10 ml/l air, E2 = 20 ml/l air, E3 = 30 ml/l air dan Faktor II adalah jenis media (F) terdiri dari tiga taraf, yaitu : F1 = tanah – kotoran ayam (2 : 1), F2 = tanah – kotoran sapi (2 : 1), F3 = tanah – kotoran kambing (2 : 1). Dalam menganalisis data yang didapat akan menggunakan analisis BNJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi larutan EM4 30 ml/l air dan media kotoran kambing berpengaruh baik terhadap penambahan diameter batang dan penambahan jumlah daun semai mahoni, sehingga mengakibatkan terjadinya interaksi terhadap kedua parameter tersebut, penggunaan kedua perlakuan di atas akan memberikan pengaruh yang baik pula terhadap penambahan tinggi, panjang akar, bobot basah dan bobot kering semai mahoni pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Forestry
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 09:35
Last Modified: 23 Mar 2016 09:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21932

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo