UMM Institutional Repository

PENDUGAAN CADANGAN KARBON TERSIMPAN DI ATAS PERMUKAAN TANAH PADA LAHAN AGROFORESTRI (DI RPH Pujon Utara, BKPH Pujon, KPH Malang)

SUHAEMI, HARTI (2015) PENDUGAAN CADANGAN KARBON TERSIMPAN DI ATAS PERMUKAAN TANAH PADA LAHAN AGROFORESTRI (DI RPH Pujon Utara, BKPH Pujon, KPH Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hartisuhae-39249-1-pendahul-..pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hartisuhae-39249-2-babi.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Konversi hutan menjadi lahan pertanian menimbulkan banyak masalah, misalnya penurunan kesuburan tanah dan bahkan perubahan lingkungan (pemanasan global). Pemanasan global ini disebabkan karena berkurangnya lahan hijau yang berfungsi menyerap CO2. Peristiwa ini dipicu oleh upaya pemenuhan kebutuhan terutama pangan yang diakibatkan oleh peningkatan jumlah penduduk. Dalam hal ini agroforestri menawarkan pemecahan masalah untuk mengatasi kerusakan hutan dan juga dalam upaya untuk mengatasi pemanasan global (Global Warming). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menduga besarnya kandungan karbon tersimpan tingkat biomassa dan nekromassa diatas permukaan tanah pada lahan Agroforestri RPH Pujon Utara, BKPH Pujon, KPH Malang, Unit II Jawa Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2010 di RPH Pujon Utara, BKPH Pujon, KPH Malang, Unit II Jatim. Alat yang digunakan dalam pengambilan sampel batang atau ranting yaitu phi band, pita meter, rolmeter, parang, gunting, kristin meter, galah, oven, pisau, alat tulis dan blangko pengamatan. Bahan yang digunakan adalah cabang pohon, tumbuhan bawah dan nekromassa. Analisa biomassa dilakukan di Laboraturium Kehutanan Universitas Muhammadiyah Malang. Metode perhitungan biomassa yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Allometrik. Jumlah karbon tersimpan pada kawasan agroforestri di petak 62A RPH Pujon Utara BKPH Pujon KPH Malang sebesar ±1.418,754 ton. Dengan cadangan karbon (C) sebanyak ±1.418,754 ton, maka kawasan tersebut memiliki kemampuan menyerap karbon dioksida (CO2) sebesar 5.202,145 ton. Besarnya peningkatan C rata-rata pada tingkat pohon adalah sebesar ± 652,234 ton per siklus tanam, peningkatan C rata-rata pada pohon sela/ sisipan (pohon kopi) adalah sebesar ± 67,102 ton per siklus tanam, dan peningkatan C rata-rata pada tingkat pohon adalah sebesar ± 44.52 ton per siklus tanam. Hasil perhitungan pendugaan cadangan karbon tersimpan di atas permukaan lahan agroforestri ini diharapkan dapat dijadikan sebagai landasan untuk perhitungan estimasi cadangan karbon dan perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengukur cadangan karbon tersimpan pada lahan agroforestri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Forestry (54251)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 09:24
Last Modified: 23 Mar 2016 09:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21923

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo