UMM Institutional Repository

THE DIFFICULTIES IN APPLYING SCIENTIFIC APPROACH IN LEARNING SPEAKING AT THE EIGHTH GRADE OF SMPN 3 MALANG

KARTIKA, AJENG DIAR (2015) THE DIFFICULTIES IN APPLYING SCIENTIFIC APPROACH IN LEARNING SPEAKING AT THE EIGHTH GRADE OF SMPN 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ajengdiark-41380-1-pendahul-n.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ajengdiark-41380-2-chapteri.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menyiapkan pendekatan baru yang disebut pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik memiliki lima tahapan yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Faktanya, beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran berbicara. Oleh karena itu, objektif dari studi ini adalah untuk menemukan kesulitan – kesulitan siswa dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran berbicara dan bagaimana mereka mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Studi ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN 3 Malang. Penulis mengumpulkan data melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Observasi dilakukan selama 3 kali. Data dianalisis dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi jumlah jawaban siswa, dan mendeskripsikan kesulitan siswa. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa siswa-siswa memiliki beberapa kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran berbicara. Sebagian besar dari siswa tidak mengetahui tahapan – tahapan dari pendekatan saintifik. Siswa memiliki kekurangan dalam kosa-kata dan ketidakberanian dalam menanyakan pertanyaan. Selain itu, siswa memilih untuk menggunakan Bahasa Indonesia untuk mengurangi kesalahan dalam berbahasa inggris. Disamping itu, tidak ada interaksi dan ekspresi dalam berbicara ketika melakukan presentasi. Kesulitan-kesulitan itu di atasi dengan beberapa aktifitas seperti mencoba mencari kosa-kata sulit di sebuah kamus dan mempraktekkan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan guru maupun teman setiap hari. Guru juga perlu memberi informasi yang rinci tentang pendekatan saintifik. Hal itu akan membantu siswa dalam proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik lebih mudah. Setiap tahapan dari pendekatan saintifik memiliki keterkaitan dengan tahapan selanjutnya. Sehingga, jika salah satu tahapan tidak lengkap maka akan mempengaruhi tahapan selanjutnya. Alhasil, disarankan kepada guru untuk lebih kreatif dalam mendorong keberanian siswa dalam proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Untuk siswa, mereka seharusnya sering mempraktekkan berbicara Bahasa Inggris untuk meningkatkan kepercayaan komunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 08:04
Last Modified: 23 Mar 2016 08:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21875

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo