UMM Institutional Repository

ANALISIS PERTUMBUHAN DAN KOMODITAS ANDALAN SUB-SEKTOR PERTANIAN DI KABUPATEN MALANG TAHUN 2009-2012

Laksana, Arris Tristaniar (2015) ANALISIS PERTUMBUHAN DAN KOMODITAS ANDALAN SUB-SEKTOR PERTANIAN DI KABUPATEN MALANG TAHUN 2009-2012. Other thesis, university of muhammadiyah malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arristrist-40387-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arristrist-40387-2-babi.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitianini yaitu:untuk mengidentifikasi besarnya pertumbuhan sub-sektor pertanian pada Kabupaten Malang, menganalisa besarnya peran kontribusi komoditas tanaman pangan pada masing-masing Kecamatan di Kabupaten Malang terhadap sub-sektor tanaman pangan dan menentukan prioritas sektor basis untuk pengembangan pembangunan komoditas sub-sektor tanaman pangan pada masing-masing Kecamatan di Kabupaten Malang. Alat analisis yang digunakan adalah: 1). Analisis Pertumbuhan Sub-Sektor Pertanian, 2). Kontribusi Sub-SektorKomoditas Tanaman Pangan Terhadap Sub-Sektor Pertanian Kabupaten Malang, 3). LQ. Hasil analisis menggunakan metode pertumbuhan Sub-Sektor Pertanian, menunjukkan nilai rata-rata yang tertinggi dicapai oleh sub-sektor perikanan dengan mencapai angka sebesar 6,10% dan untuk nilai rata-rata pertumbuhan terendah dicapai sub-sektor tanaman bahan makanan dengan mencapai angka sebesar 3,58%. Berdasarkan hasil analisa kontribusi komoditas padiyang mencapai nilai rata-rata tertinggi di Kecamatan Pujon sebesar 66,55% dan nilai rata-rata kontribusi terendah di Kecamatan Dau sebesar 0,23%.Sumbangan/kontribusi komoditas jagung nilai rata-rata tertinggi di Kecamatan Gedangan sebesar 67,54% dan yang mencapai nilai rata-rata kontribusi terendah di Kecamatan Kromengan dan Kecamatan Pakis sebesar 0,02%.Kontribusi ubi kayu nilai rata-rata tertinggi di Kecamatan Tumpang sebesar 23,49% dan nilai rata-rata kontribusi terendah untuk komoditas ubi kayu di Kecamatan Pujon.Kontribusi peranan komoditas ubi jalar yang mencapai nilai rata-rata tertinggi yaitu terdapat di Kecamatan Singosari sebesar 18,32% dan nilai rata-rata kontribusi terendah di Kecamatan Pagak, Bantur, Gedangan, Sumbermanjing, Tirtoyudo, Ampelgading, Kepanjen, Pakisaji, Pujon, Kasembon yang terdeteksi tidak ada nilai kontribusi pada tahun 2009 sampai dengan tahun 2012.Kontribusi komoditas kacang tanah di Kabupaten Malang yang mencapai nilai rata-rata tertinggi di Kecamatan Bantur sebesar 19,38% dan nilai rata-rata kontribusi terendah komoditas kacang tanah di Kecamatan Sumbermanjing, Ampilgading, Gondanglegi, Kepanjen, Kromengan, Wonosari, Tajinan, Tumpang, Pakis, Jabung, Pujon, Ngantang, Kasembon yang terdeteksi tidak ada nilai kontribusi dalam peranan kontribusi. Hasil LQ yang menunjukkan bahwaseluruh komoditas sub-sektor tanaman panganbelum adanya komoditas yang dapat mendominasi pada masing-masing Kecamatan di Kabupaten mulai dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2012. Hal ini berarti komoditas sub-sektor tanaman pangan tersebut merupakan komoditas sub-sektor tanaman pangan bukan unggulan dan potensial sebagai prioritas dalam pengembangan pembangunan pada sektor pertanian di Wilayah Kabupaten Malang. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, maka diajukan beberapa saran untuk pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 07:59
Last Modified: 23 Mar 2016 07:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21868

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo