UMM Institutional Repository

PERUBAHAN SOSIAL PADA MASYARAKAT PASCA BENCANA ERUPSI GUNUNG KELUD (Studi Kasus Tentang Perubahan Perilaku dan Kehidupan Sosial Masyarakat Desa Padansari Pasca Bencana Erupsi Gunung Kelud)

Prastiwi, Ajeng Rahayu (2015) PERUBAHAN SOSIAL PADA MASYARAKAT PASCA BENCANA ERUPSI GUNUNG KELUD (Studi Kasus Tentang Perubahan Perilaku dan Kehidupan Sosial Masyarakat Desa Padansari Pasca Bencana Erupsi Gunung Kelud). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ajengrahay-40409-1-pendahul-n.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ajengrahay-40409-2-bab1.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berdasarkan atas bencana Erupasi Gunung Kelud pada Bulan Febuari 2015 yang lalu. Bencana tersebut menimbulkan banyak perubahan bagi masyarakat yang terkena dampak langsung dari bencana tersebut. Begitu pula dengan Desa Pandansari yang mengalami banyak perubahan baik fisik maupun non fisik. Maka, akan sangat menarik jika diteliti sehubungan dengan bentuk-bentuk perubahan sosial dan faktor-faktor penyebab perubahan yang ada di Desa Pandansari. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Artinya semua proses penelitian dilakukan dengan menggambarkan bagaimana bentuk-bentuk perubahan dan faktor penyebab itu muncul di masyarakat setelah atau pasca bencana Erupsi Gunung Kelud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi jika dilihat dari waktu dan kompenen kehidupan masyarakat Desa Pandansari mengalami perubahan-perubahan sebagai berikut sesuai dengan kategori yang ada, yakni perubahan cepat, serta perubahan lingkungan, perubahan hubungan antar eleman masyarakat, dan juga perubahan fungsi dimana perubahan tersebut mendatangkan dampak langsung kepada perubahan perilaku masyarakat Desa Pandansari Rekomendasi yang diberikan peneliti bagi desa perlu adanya jalur informasi yang jelas dan transparasi dana bantuan agar masyarakat juga mengetahui jumlah bantuan yang ada serta dapat mengurangi perilaku anarkis dan kecurigaan masyarakat. Serta perlunya jaringan kerjasama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) yang lebih konsisten lagi guna memberikan pemahaman tentang bencana kepada masyarakat. Sedangkan untuk masyarakat harus dapat mengontrol diri untuk tidak terprovokasi. Oleh karena itu pihak luar Desa Pandansari yang hendak membantu masyarakat Desa Pandansari diharapkan dapat bekerjasama dengan aparatur desa dan mematuhi aturan yang di buat oleh pihak desa guna mempercepat proses rehabilitasi Desa Pandansari untuk memperbarui sistem kehidupan yang telah rusak akibat bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 06:26
Last Modified: 23 Mar 2016 06:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21803

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo