UMM Institutional Repository

PERAN PRAKTISI PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK AUTIS DI TAMAN SOSIALISASI ANAK (TSA) SAMUPHAHITA KOTA MALANG

NOVIANI, (2015) PERAN PRAKTISI PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANAK AUTIS DI TAMAN SOSIALISASI ANAK (TSA) SAMUPHAHITA KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noviani201-40410-1-pendahul-n.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noviani201-40410-2-babi.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang peran praktisi pekerja sosial dalam meningkatkan Kesejahteraan anak autis di TSA Samuphahita Kota Malang, dengan latar belakang oleh Taman Sosialisasi Anak (TSA) yang sejenis Taman penitipan Anak yang terdapat pemberian pelayanan untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yakni salah satunya di Kota Malang. Pelayanan pada Anak berkebutuhan khusus yang dilengkapi dengan adanya Praktisi Pekerja Sosial. Maka peneliti ingin mengetahui peran dari praktisi pekerja sosial dalam meningkatkan tumbuh kembang anak autis. Adapun konsep terkait Praktisi Pekerja Sosial dalam meningkatkan Kesejahteraan anak autis yakni terkait peran dari Praktisi Pekerja Sosial dan tumbuh kembang anak autis. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Artinya semua proses penelitian dilakukan dengan menggambarkan peran praktisi pekerja sosial dalam menigkatkan tumbuh kembang anak autis. Peran yang dilakukan tersebut seperti pola pengasuhan praktisi pekerja sosial dalam mendampingi anak autis kesehariannya, pemantauan tumbuh kembang anak autis selama di lembaga, serta hambatan yang dialami oleh pekerja sosial dan lembaga dalam meningkatkan tumbuh kembang anak autis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran praktisi pekerja sosial pada anak autis di lembaga tersebut sebagai Broker (penghubung) dan Edukator (pendidik). Selain itu hambatan dari praktisi pekerja sosial yakni sulitnya dalam menangani anak autis karena tidak adanya pengetahuan dalam menangani anak autis. Sedangkan hambatan yang dialami oleh lembaga yakni kerjasama dengan pusat layannan autis tidak berjalan aktif dan kurangnya pengetahuan pada Praktisi Pekerja Sosial dalam meningkatkan tumbuh kembang anak autis. Rekomendasi yang diberikan peneliti bagi lembaga Memberikan pelatihan bagi Praktisi Pekerja Sosial yakni seminar pelayanan Praktisi Pekerja Sosial dalam menangani anak autis. Sedangkan bagi Praktisi Pekerja Sosial adalah lebih aktif dalam mencatat laporan harian anak dan dalam pencatatannya lebih dijelaskan mengenai stimulus perkembangan anak setiap harinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Social Welfare
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 06:21
Last Modified: 23 Mar 2016 06:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21799

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo