UMM Institutional Repository

STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI KLAYAR (Studi Kasus pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pacitan)

ERVIANAWATI, AULIA RINA (2015) STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI KLAYAR (Studi Kasus pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pacitan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-auliarinae-39198-1-pendahul-n.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-auliarinae-39198-2-babi.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang strategi pengembangan objek wisata Pantai Klayar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Kabupaten Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi yang telah dan akan dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terhadap pengembangan objek wisata Pantai Klayar, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam mengembangkan objek wisata Pantai Klayar di Kabupaten Pacitan. Penelitian ini disajikan secara deskriptif yaitu menggambarkan dari informasi tentang objek wisata Pantai Klayar melalui data-data tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dimana analisis data dilakukan sejak awal dan selama proses penelitian dilaksanakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data primer yang diperoleh langsung dari informannya dan data sekunder yang diperoleh melaui sumber lain yang telah tersedia sebelum penelitian dilakukan. Data-data tersebut dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan penelusuran data online/fasilitas internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa objek wisata Pantai Klayar merupakan objek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Pacitan dengan keunikan yang dimilikinya. Dalam pengembangan objek wisata Pantai Klayar terdapat faktor pendukung yang diantaranya ada keanekaragaman atraksi wisata di sekitar objek wisata, adanya partisipasi masyarakat, dan adanya upaya Pemerintah Daerah dalam pengembangan objek wisata. Selain faktor pendukung, dalam pengembangan obyek wisata Pantai Klayar ternyata masih terdapat faktor yang menghambat, antara lain: aksesibilitas yang kurang mendukung karena jauh dari pusat kota, belum dapat meningkatkan minat investor untuk menanamkan modalnya, terbatasnya dana dalam pengembangannya serta rendahnya kesadaran dan terbatasnya SDM dalam kepariwisataan. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi dalam pengembangan objek wisata Pantai Klayar sangat diperlukan karena objek wisata Pantai Klayar ternyata memiliki potensi sebagai obyek wisata alam pantai yang sangat menarik untuk dikembangkan dan strategi yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata antara lain: pengembangan lingkungan objek wisata, pengembangan jasa dan promosi, peningkatan peran serta masyarakat, serta pengembangan sarana dan prasarana. Strategi-strategi tersebut sangat penting dilakukan sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara, serta dapat memajukan kepariwisataan khususnya di Kabupaten Pacitan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 04:31
Last Modified: 23 Mar 2016 04:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21766

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo