UMM Institutional Repository

IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH PICTURE CARDS AT MTs. AL-YASINI PASURUAN

WIJAYANTI, RETY (2015) IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH PICTURE CARDS AT MTs. AL-YASINI PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-retywijaya-39566-1-introduc-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-retywijaya-39566-2-chapteri.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang tersebar luas yang digunakan oleh orang-orang di dunia ini, baik untuk berkomunikasi ataupun untuk berbagai macam tujuan. Di Indonesia, Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang diajarkan di sekolah, dimulai dari sekolah dasar hingga di level universitas. Dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris, ada empat kemampuan bahasa yang harus dikuasai oleh siswa: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Mengekspresikan ide-ide adalah salah satu hal tersulit dalam berbicara. Oleh karena itu, guru diharapkan menggunakan media yang tepat dalam mengajar berbicara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 2 di MTs. Al-Yasini Pasuruan atau tidak. Desain penelitian dari penelitian ini adalah quai experimental. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan sampelnya adalah siswa dari kelas VIIIC dan VIIID. Kelas VIIID adalah kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan kartu bergambar, dan kelas VIIIC adalah kelas control yang diajar tidak dengan menggunakan kartu bergambar. Peneliti menganalisa data dengan menggunakan independent sample test. Berdasarkan dari hasil penelitian, kartu bergambar sangat efektif untuk meningkatkan keampuan berbicara siswa kelas 2 di MTs. Al-Yasini Pasuruan. Nilai rata-rata pada post-test di kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata di kelas control, yaitu 72.68 dan 68.08. berdasarkan independent sample t-tes pada program SPSS 21, ditemukan bahwa t value 3.137 pada siknifikan level 0.05. artinya, ada perbedaan nilai rata-rata yang siknifikan dari kedua grup. Hasil dari penelitian ini dimaksudkan agar guru bahasa inggris diharapkan untuk menggunakan kartu bergambar sebagai media dalam mengajar berbicara karena dapat membantu siswa untuk mengekspresikan ide-ide mereka dalam mendeskripsikan sesuatu dengan mudah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 03:15
Last Modified: 23 Mar 2016 03:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21710

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo