UMM Institutional Repository

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN KEAMANAN PARKIR SEPEDA MOTOR MAHASISWA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RFID DAN MAGNETIC STRIPE PADA KARTU TANDA MAHASISWA (KTM)

ZULFIKRI, MUHAMMAD (2015) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN KEAMANAN PARKIR SEPEDA MOTOR MAHASISWA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RFID DAN MAGNETIC STRIPE PADA KARTU TANDA MAHASISWA (KTM). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadzu-42212-2-babi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadzu-42212-1-pendahul-n.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

Tempat parkir dan sistem pengaturan perparkiran adalah komponen penting dan tidak dapat dipisahkan dalam pelayanan sebuah fasilitas umum. Banyaknya tempat parkir saat ini yang jauh dari kenyamanan dan kurangnya keamanan serta informasi kapasitas ruang parkir sangat berbahaya bagi pemilik sepeda motor jika ingin melakukan parkir. Untuk itu dalam tugas akhir ini, akan dirancang sistem perparkiran sepeda motor dengan memanfaatkan Teknologi RFID dan Magnetic Stripe pada Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) guna dijadikan alat pengganti keamanan parkir. Dalam perancangan sistem ini, didapatkan kelebihan, antara lain informasi kapasitas ruang parkir, sistem keamanan yang baik serta kenyamanan dengan informasi tambahan posisi parkir sepeda motor. Cara kerja sistem ini sangat mudah, dimana pengguna bisa melihat kapasitas ruang parkir pada layar LCD. Jika ada ruang kosong, pengguna cukup melewati sistem untuk memasukkan ID dan disimpan dalam database, dimana dengan RFID Reader untuk mendeteksi ID (1) dari RFID Tag pada sepeda motor dan dengan menggesekkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) pada Magnetic Stripe Reader untuk ID (2). Portal akan terbuka otomatis dan monitor menampilkan kedua ID dan posisi parkir sepeda motor. Saat keluar tempat parkir, pengguna harus melakukan hal yang sama seperti saat masuk tempat parkir. Jika ID sesuai dengan database, maka portal akan terbuka dan sebaliknya jika tidak sesuai maka portal akan tertutup serta buzzer berbunyi. Juga ditambahkan pendeteksian posisi parkir jika suatu waktu pengguna lupa posisi parkir sepeda motor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (20201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 02:58
Last Modified: 23 Mar 2016 02:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo