UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN MASYARAKAT ATAS RITUAL YADNYA KASADA (Studi Ethnografi pada Masyarakat Suku Tengger di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo)

Wardana, Shahriza (2015) PEMAKNAAN MASYARAKAT ATAS RITUAL YADNYA KASADA (Studi Ethnografi pada Masyarakat Suku Tengger di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemaknaan adalah bentuk persepsi individu berdasarkan apa yang dilakukan individu lain, aktifitas yang dilakukan setiap hari dalam kehidupan individu lain dijelaskan maksud dan tujuan dari aktifitas tersebut. Masyarakat Suku Tengger yang tinggal di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pada umumnya sama dengan masyarakat jawa yang masih menjalankan beberapa tradisi berupa ritual-ritual yang sudah dilakukan oleh leluhur mereka dahulu. Salah satu ritual yang masih dilakukan ialah ritual Yadnya Kasada. Dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat ialah pemaknaan masyarakat Suku Tengger atas Ritual Yadnya Kasada di kawasan Gunung Bromo.Penelitian ini Menggunakan metode ethnografi dengan penentuan subjek penelitan secara snowball. Subjek penelitian yang utama adalah Dukun Pandita dan KepalaDesa. Untuk menganalisis fenomena atau temuan pada penelitian ini penelitimenggunakan teori tindakan rasional Max Weber, Rasionalitas Nilai danTindakan Tradisional, di mana tindakan tersebut dipilih masyarakat berdasarkankebiasaan leluhur mereka sehingga menjadi tradisi yang telah dijalankan dalamsuatu masyarakat, untuk mEncari makna dari ritual tersebut peneliti berusahamenempatkan diri sebagai masyarakat Suku Tengger yang melakukan ritualtersebut agar dapat memahami (verstehen) makna subyektif suatu tindakan sosial.Ritual Yadnya Kasada adalah ritual yang dilakukan masyarakat SukuTengger setiap tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo dalam penanggalan SukuTengger. Ritual ini merupakan amanat dari Raden Kusuma dimana beliaumeminta masyarakat Suku Tengger untuk melakukan korban suci atau melarungsesajen dan ongkek yang berisi hasil pertanian ke kawah Gunung Bromo.Masyarakat Suku Tengger percaya dengan melakukan ritual tersebut akanmendatangkan keselamatan, kesejahteraan, dan diberikan kenikmatan berupa hasilalam yang melimpah.Penelitian ini membahas mengenai makna dari ritual Yadnya Kasada yangselama ini dilakukan oleh masyarakat Suku Tengger. Dari hasil penelitian initerdapat 3 kategori pemaknaan atas ritual Yadnya Kasada yaitu (1) sejarahterjadinya ritual mengajarkan bahwa apa yang telah dilakukan orang tua kepadaanaknya tidak akan bisa dibalas oleh anak, hal yang bisa dilakukan seorang anakhanyalah menjunjung derajat orang tua; (2) manusia sebagai mahkluk ciptaanTuhan seharusnya memiliki kesadaran bahwa alam yang diciptakan untuk dirawatjuga, bukan hanya untuk dieksploitasi saja; (3) manusia sebagai mahkluk sosial tidak bisa hidup sendiri, dengan melakukan ritual ini menjadi sarana individumembantu orang lain. Masyarakat yakin dengan melakukan ritual tersebut akanmendatangkan kebahagian karena dalam ritual tersebut manusia berhubungandengan Tuhan, alam sekitar dan manusia lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 02:54
Last Modified: 23 Mar 2016 02:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21697

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo