UMM Institutional Repository

PENCUCI TANGAN DENGAN SABUN DAN PENGERING TANGAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535

ZAMZAMY, AHMAD MUHAJIR (2015) PENCUCI TANGAN DENGAN SABUN DAN PENGERING TANGAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadmuhaj-39691-2-babi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadmuhaj-39691-1-pendahul-n.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi kehidupan manusia. Teknologi komputer telah banyak digunakan dalam memudahkan pekerjaan manusia dalam semua bidang. Hal ini membawa perubahan dalam setiap aktivitas yang dilakukan manusia sebagaimana pada proses pencucian tangan dengan sabun dan yang masih dilakukan secara manual yang lebih baiknya apabila proses pencucian tangan dengan sabun dilakukan secara otomatis sehingga lebih mempermudah proses pencucian tangan dan saat pengeringan tangan bisa pada satu tempat sehingga pencuci tangan tidak perlu berpindah tempat.Berhubungan dengan hal itu maka dapat dikembangkan suatu alat yang menggabungkan ketiga proses itu disatu tempat dan secara otomatis,dengan adanya teknologi maka dibuat alat pencuci tangan dengan sabun dan pengering tangan otomatis.Alat ini merupakan bentuk aplikasi dari sistem kontrol yang pengendali utamanya adalah mikrokontroler,pada alat ini mikrokontroler yang digunakan adalah mikrokontroler ATMEGA8535.Alat ini akan melakukan proses pencucian tangan dengan sabun dan pengeringan tangan otomatis dengan memakai sensor jarak inframerah SHARP GP2Y0A02 untuk mendeteksi adanya pencuci dan pengering tangan dengan membaca jarak dengan range yang telah ditetapkan yang dimana akan mengaktifkan servo motor untuk membuka kran atau menyalakan dryer untuk mengeringkan tangan dan untuk mengeluarkan sabun digunakan sensor inframerah yang dimana saat terhalang akan megaktifkan motor untuk berputar dan akan menekan wadah sabun yang telah dikaitkan tuas dengan motor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 02:25
Last Modified: 23 Mar 2016 02:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21680

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo