UMM Institutional Repository

APLIKASI RDS (Radio Data Sytem) PADA SIARAN FM KONVENSIONAL

ROSID, AHMAD BURHANUDDIN (2015) APLIKASI RDS (Radio Data Sytem) PADA SIARAN FM KONVENSIONAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadburha-40007-2-babirds.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadburha-40007-1-pendahul-n.pdf

Download (874kB) | Preview

Abstract

Sistem komunikasi radio dewasa ini digunakan sebagai sarana penyampai sebuah informasi dalam bentuk audio. Pita frekuensi yang digunakan dari 30Mhz hingga 300Mhz UHF (Ultra High Frequency), umumnya digunakan sebagai sarana komunikasi radio FM (Frequency Modulation). Lebar pita sinyal stereo menempati frekuensi 53 kHz, lebar pita pemancar FM ini belum dimanfaatkan secara maksimal, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai pengiriman informasi lain berupa data. Pemanfaatan pita sisa dari suatu sistem penyiaran radio FM ini disebut sistem RDS (radio data system), yang merupakan salah satu bentuk sistem komunikasi simplex (searah). RDS menggunakan sub-frekuensi pembawa sejauh 57 kHz dari frekuensi pusat dengan sistem modulasi frekuensi jenis DSBSC (double sideband suppressed carrier) dan lebar pita selebar +2kHz. Bagaiman sebuah data digital dapat dimasukkan dalam pita frekuensi pada sub-frekuensi pembawa 57kHz. Sub-carrier adalah modulasi amplitude berbentuk biner dan fase sinyal data yang dikodekan. RDS merupakan jenis modulasi baseband dengan jenis diferensial-kode BPSK. Alternatif metode modulasi dapat dianggap sebagai bentuk dua fase Phase Shift Keying (PSK) dengan deviasi fase ± 90 derajat. Dasar clock frekuensi diperoleh dengan membagi saat ditransmisikan RDS sub-carrier frekuensi (57 kHz) dengan (48kHz). Akibatnya data-rate dasar dari sistem ini adalah 1187,5 bit /detik. Sumber data pada pemancar dikodekan secara diferensial. Kekuatan sinyal data sekitar 57 kHz sub-carrier diminimalkan dengan coding setiap sumber data bit sebagai simbol biner-fase. Pita 57 kHz dipilih untuk menjadi harmonik ketiga nada utama untuk stereo FM (3 x 19kHz), sehingga tidak akan menimbulkan gangguan atau inter-modulasi, atau dengan sinyal stereo perbedaan pada 38 kHz. Diharapkan dalam perencanaan sistem komunikasi radio RDS ini, dapat dimanfaatkan sebagai sarana penyampai informasi pada masyarakat berupa tulisan berjalan yang dapat berisi sebuah berita, periklanan dan lain sebagainya. Karena dikirim dengan sistem broadcast FM stereo dan diterima dengan penerima FM stereo khusus (yang memiliki demodulator RDS dan tampilan karakter), maka informasi teleteks ini sangat praktis dan berguna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 01:57
Last Modified: 23 Mar 2016 01:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21652

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo