UMM Institutional Repository

ALAT PENGONTROL SUHU LILIN MALAM PADA PROSES PEMBUATAN BATIK BERBASIS MIKROKONTROLER (HARDWARE)

FERDIANSYAH, EKO FEBRIANTO (2015) ALAT PENGONTROL SUHU LILIN MALAM PADA PROSES PEMBUATAN BATIK BERBASIS MIKROKONTROLER (HARDWARE). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekofebrian-40162-2-babi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekofebrian-40162-1-pendahul-n.pdf

Download (727kB) | Preview

Abstract

Batik merupakan bentuk kerajinan yang turun menurun dari jaman dahulu, yang sekarang menjadi budaya Indonesia yang sangat terkenal. Pada khususnya batik pada saat ini popular di Indonesia bahkan dunia. Kain batik dulunya dibuat secara tulis yang dilakukan oleh para ibu, namun sekarang para lelaki dapat melakukannya juga. Tingginya kebutuhan batik pada saat ini, membuat kami berpikir bagaimana cara meningkatkan produksi batik, untuk itu maka kami membuat alat pengatur nyala api untuk mendapatkan suhu yang konstan yang diinginkan pada saat pelelehan lilin malam sehingga dapat mempersingkat waktu dan memenuhi semua kebutuhan batik. Pengaturan suhu dapat diatur dengan menggunakan keypad, jika suatu lilin yang kita inginkan mempunyai titik didih sendiri-sendiri jadi setiap lilin mempunyai suhu berbeda. Merancang pembuatan rangkaian pendeteksi suhu ini dengan menyambungkan antara motor servo dengan valve yang ada pada regulator untuk mengatur banyak sedikitnya gas yang di keluarkan. Sedangkan untuk mengetahui berapa suhu pada lilin malam pada penggorengan menggunakan IC LM35 kemudian di tampilkan pada LCD. Dalam penelitian ini, mencari metode PID yang sesuai dengan yang kita inginkan. Dalam penelitian ini menggunakan mikrokontroler ATMEGA16 dengan metode PID Zieger Nichols dengan osilasi dan menggunakan tipe control No Overshoot.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 01:44
Last Modified: 23 Mar 2016 01:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21640

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo