UMM Institutional Repository

Otomatisasi Sistem Pneumatic Tekanan Udara Pada Kapal Selam

Akbar, Muhammad Rezki (2015) Otomatisasi Sistem Pneumatic Tekanan Udara Pada Kapal Selam. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadre-40168-2-babi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadre-40168-1-pendahul-n.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Sebuah kapal bisa mengapung karena berat air yang dipindahkan sama dengan berat kapal itu sendiri. Pemindahan air ini menciptakan sebuah gaya ke atas yang disebut gaya apung atau buoyancy force dan bekerja berlawanan dengan gaya gravitasi, yang akan menarik kapal ke bawah. Tidak seperti kapal biasa, sebuah kapal selam bisa mengatur gaya apungnya, sehingga bisa membuatnya tenggelam dan muncul ke permukaan sesuai keperluan. Untuk mengatur gaya apungnya, kapal selam memiliki tangki-tangki pemberat dan tangki-tangki pelengkap atau penyeimbang yang bisa diisi dengan air maupun dengan udara. Ketika kapal selam berada di permukaan, tangki-tangki pemberat tersebut terisi dengan udara sehingga massa jenis keseluruhan kapal selam menjadi lebih kecil dari pada massa jenis air di sekelilingnya. Ketika kapal menyelam, tangki-tangki pemberat dipenuhi dengan air, sedangkan udara yang ada di dalam tangki pemberat tersebut dilepaskan keluar dari kapal selam sampai massa jenis keseluruhannya menjadi lebih besar daripada massa jenis air di sekitarnya sehingga kapal selam mulai tenggelam (gaya apung negatif). Dapat dilihat dari sistem kovensional ruang ballast pada kapal selam masih menggunakan udara bertekanan dalam mengeluarkan air yang ada pada ruang ballast, sehingga dengan sistem tersebut di perlukan banyak tabung udara dan diperlukan banyak instalasi pipa udara. Dengan demikian maka dirancang lah sebuah judul tugas akhir “ Otomatisasi Sistem Pneumatik Tekanan Udara Pada Kapal Selam“. Selain merancang sebuah sistem tugas akhir ini juga merancang dan pembuatan sebuah prothotype kapal selam. Otomatisasi sistem pneumatic tekanan udara pada kapal selam adalah suatu sistem pneumatic yang dirancang secara otomatis untuk mengontrol sebuah mekanik aktuator yang di aplikasikan pada ruang ballast dan ruang trim yang terdapat pada sebuah prothotype kapal selam. Sistem pneumatic ini dikendalikan oleh sebuah selenoid, dimana selenoid ini berfungsi untuk mengatur keluar dan masuknya angin menuju aktuator. Pada perancangan ini selenoid dikendalikan oleh arduino uno dengan memfungsikan pin 12 dan 13, dimana pin 12 dan 13 ini lah akan mengontrol selenoid yang digunakan sehingga angin akan mengalir menuju aktuator.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (20201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 01:30
Last Modified: 23 Mar 2016 01:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21625

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo