UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) DALAM MENDETEKSI APD (ALAT PELINDUNG DIRI) SEBELUM MEMASUKI SAFETY AREA DEMI OPTIMALISASI SISTEM MANAJEMEN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA)

ALFIANTO, RHOZY DWI (2015) IMPLEMENTASI RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) DALAM MENDETEKSI APD (ALAT PELINDUNG DIRI) SEBELUM MEMASUKI SAFETY AREA DEMI OPTIMALISASI SISTEM MANAJEMEN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rhozydwial-40169-2-babi.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rhozydwial-40169-1-pendahul-n.pdf

Download (834kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan teknologi dalam era globalisasi hari ini yang semakin tinggi, diperlukan suatu solusi yang dapat lebih membantu proses akan kerja dan kinerja dengan segala keterbatasan manusia itu sendiri. Seiring dengan hal itu, berbagai metode telah kemudian dilakukan untuk membantu dan mempermudah pastinya dalam sebuah proses pekerjaan yang ada, khususnya dalam perusahaan salah satunya. Menurut Occupational Safety and Health Administration (OSHA), pesonal protective equipment atau alat pelindung diri (APD) didefinisikan sebagai alat yang digunakan untuk melindungi pekerja dari luka atau penyakit yang diakibatkan oleh adanya kontak dengan bahaya (hazards) di tempat kerja, baik yang bersifat kimia, biologis, radiasi, fisik, elektrik, mekanik dan lainnya. Padahal dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pasal 4 pun juga menegaskan bahwasannya Alat Pelindung Diri (APD) wajib digunakan yang senantiasa bertujuan untuk melindungi diri dari bahaya-bahaya cacat yang serius. Potensi bahaya-bahaya cacat atau luka diberbagai situasi di dalam suatu perusahaan. Namun nyatanya, masih banyak kecelakaan-kecelakaan kerja yang sering kali terjadi hanya karena mengesampingkan alat pelindung diri dengan anggapan jika mengenakan atau menggunakan peralatan pelindung tersebut adalah termasuk seorang yang penakut dan dirasa sangat mengganggu. Dengan itu timbul lah ide dari penulis untuk membuat sistem pengamanan dalam membantu pendeteksian akan pemakaian alat pelindung diri (APD) dalam eksekusi sebuah pekerjaan dalam sebuah perusahaan sebelum memasuki safety area, salah satunya dengan adanya gerbang yang mendeteksi akan pemakaian alat pelindung diri (APD) secara lengkap sebagai bentuk checking sebelum memasuki safety area. Sistem sebagai alat bantu pengamanan ini berbasis Radio Frequency Identification (RFID) yang menghasilkan output bunyi alarm dan bentuk tampilan pada LCD sebagai tanda peringatan akan ketidaklengkapan alat pelindung diri (APD) ketika hendak memasuki safety area tertentu dalam suatu perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (20201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 01:28
Last Modified: 23 Mar 2016 01:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21622

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo