UMM Institutional Repository

ALAT PENGONTROL SUHU LILIN MALAM PADA PROSES PEMBUATAN BATIK BERBASIS MIKROKONTROLER (SOFTWARE)

VIOLITASARI, DWI (2015) ALAT PENGONTROL SUHU LILIN MALAM PADA PROSES PEMBUATAN BATIK BERBASIS MIKROKONTROLER (SOFTWARE). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiviolita-38937-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiviolita-38937-2-babi.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Batik merupakan bentuk kerajinan yang telah menjadi bagian dari budaya Indonesia yang sudah di akui dunia. Pembuatan batik dengan cara memberi pola pada kain menggunakan cairan malam sebagai pewarnaan dasarnya. Perkembangan teknologi membantu kita agar menciptakan sistem yang otomatis dalam proses pembuatan batik. Dalam aplikasinya sistem ini di buat untuk memudahkan pengrajin untuk menjaga kestabilan suhu demi menjaga kualitas lelehan malam yang sudah sesuai dengan tingkat kelelehan lilin malam batik dalam proses pembuatanya. Pada skripsi ini dibuat alat pengontrol suhu lilin malam pada proses pembuatan batik yang pengaturan pemanasannya diatur secara otomatis tanpa menggunakan asumsi penggunanya sesuai tingkat kesetabilan lelehan lilin malam yang digunakan. Sistem ini terdiri dari sensor LM35, Keypad 4x4, Mikroprosessor ATMega 16, LCD 2x20, dan menggunakan kontrol PID yang di program menggunakan bahasa C. Dengan langkah awal melakukan pengaturan konfigurasi setting menggunakan keypad berupa set point suhu. Perintah dari keypad akan diproses oleh Mikrokontroller ATMega 16. Keluaran dari Mikrokontroller akan ditampilkan ke display LCD untuk kemudian sensor LM 35 yang akan membaca perubahan suhu yang nantinya akan ditampilkan di LCD. Kontrol PID berfungsi sebagai pengontrol suhu yang diperoleh sensor LM 35 agar suhu yang diperoleh sesuai dengan suhu yang ditentukan. Dari diskripsi tersebut maka tercipta alat pengontrol suhu lilin malam tanpa menggunakan asumsi pengerajin untuk mengatur pemanasnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengontrolan dengan sistem yang otomatis pada proses manual pelelehan lilin atau malam batik akan lebih membantu pengrajin dalam menghasilkan lelehan lilin atau malam yang sesuai dengan standart suhu supaya tetap terjaga kualitas dari proses pembuatan batik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (20201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 01:22
Last Modified: 23 Mar 2016 01:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21617

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo