UMM Institutional Repository

SISTEM OTOMATISASI SONAR (LV MAX SONAR EZ1) DAN DIODA LASER PADA KAPAL SELAM

RAHMAN, MOH EMIR RIZA (2015) SISTEM OTOMATISASI SONAR (LV MAX SONAR EZ1) DAN DIODA LASER PADA KAPAL SELAM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohemirriz-40824-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohemirriz-40824-2-babipe-n.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Kapal selam merupakan bagian dari Autonomous Underware Vehicle (AUV) merupakan kendaraan bawah air yang dapat bergerak tanpa kendali manusia dan melaju sesuai dengan perintah yang diberikan. Ada tiga bagian dari kapal selam yang sangat berkaitan untuk bermanuver di dalam air yaitu, sistem navigasi untuk mengetahui objek yang berada didepan kapal, sistem ballas merupakan sistem yang memungkinkan untuk bisa melayang dan mengapung kapal selam, dan yang terakhir sistem arah kemudi yang berarti dapat mengendalikan kapal untuk melakukan perubahan arah sesuai perintah yang diberikan. Pemanfaatan pembacaan ADC pada sensor LDR yang dipadukan dengan dioda laser diharapkan dapat membantu sistem navigasi (mengetahui halangan didepan) pada kapal selam, hasil pembacaan ADC pada sensor LDR akan dimanfaatkan untuk data masukan pada sistem arah kemudi yang memungkinkan kapal selam dapat belok kanan kiri dan maju . Maka dibuatlah batasan-batasan data masukan (nilai pembacaan ADC) agar sistem arah kemudi mengetahui kapan akan belok kanan kiri dan maju. Dari hasil perancangan dan pembuatan tugas akhir ini dengan melakukan uji adanya halangan didepan kapal selam pada lintasan maka ketika nilai ADC lebih dari sama dengan 115 maka arah kemudi ekor membentuk sudut 900 yang membuat kapal selam belok ke kanan pada jarak ini dikatakan sebagaijarak terdekatnya, untuk nilai ADC kurang dari sama dengan 96 maka arah kemudi ekor membentuk sudut 500 yang membuat kapal selam berjalan lurusjarak ini dapat disebut jarak terpanjang/jauh dan nilai ADC diantara 115 – 96 maka sistem arah kemudi akan membentuk sudut 150 yang membuat belok ke kiripada jarak ini padat disebut jarak sedang .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (20201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Mar 2016 01:15
Last Modified: 23 Mar 2016 01:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21613

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo