UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CAMTASIA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR

Abdurrohman, Latif Burhanuddin (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CAMTASIA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar menuntut peran aktif dan konstruksi dari para guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Keterbatasan media pembelajaran dan lemahnya kemampuan guru menciptakan media membuat penerapan metode ceramah menjadi pilihan utama, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di sekolah diketahui bahwa belum maksimalnya penggunaan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah. Media pembelajaran IPA yang dapat digunakan sebagai media yang menarik motivasi belajar dan dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik, sehingga dibutuhkan adanya sebuah media pembelajaran IPA yang dapat digunakan untuk menarik motivasi serta memudahkan peserta didik agar pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis Camtasia pada mata pelajaran IPA untuk mengetahui tingkat kelayakan produk melalui validasi beberapa ahli dan ujicoba produk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development), yaitu menggunakan model pengembangan Sugiyono. Adapun langkah-langkah pengembangan yang dimaksud adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Perbaikan Desain, Ujicoba Produk, Revisi Produk, Ujicoba Pemakaian, Revisi Produk Tahap Akhir,, dan Produksi Massal. Pengembangan produk dalam penelitian ini, hanya dilakukan hingga langkah (8) yaitu ujicoba pemakaian. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa desain media pembelajaran berbasis Camtasia menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil yang diperoleh dari ahli media menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 92,22%,sedangkan dari ahli materi menunjukkan criteria valid dengan presentase 67%, sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran IPA SD menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 85,26%. Selain itu, hasil uji coba produk kelompok kecil pada 12 siswa kelas V SDN Mojolangu 3 Malang dengan persentase respon positif siswa kelas sebanyak 90,83%. Sedangkan uji kelompok besar kepada 92 siswa kelas V SDN Mojolangu 3, 4, dan 5 Kota Malang menunjukkan persentase sebesar 91,3%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Camtasia pada mata pelajaran IPA kelas V SD dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 12:32
Last Modified: 22 Mar 2016 12:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21608

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo