RAHMANI, MUHAMMAD FADLI (2015) DESAIN DAN IMPLEMENTASI KONTROL SIMULATOR MESIN HYBRID MENGGUNAKAN KONTROL PID (HARDWARE). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-muhammadfa-39161-1-coversk-l.pdf Download (923kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-muhammadfa-39161-2-babi.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Energi alternatif merupakan buah pikiran yang terus dikembangkan oleh para ilmuwan disaat dunia mengalami krisis energi. Teknologi hybrid merupakan penggabungan antara mesin bersumber bahan bakar minyak dengan mesin bersumber energi listrik. Penggabungan dua sumber energi dalam satu sistem penggerak kendaraan merupakan alternatif dalam menghemat energi. Dalam merakit mesin hybrid diperlukan sebuah sistem kontrol yang betul-betul efektif dan memiliki sistem pengendalian mesin yang tepat dan akurat untuk meningkatkan efisiensi kinerja mesin. Disaat energi battery dianggap cukup, maka motor DC dapat membantu pergerakan mesin konvensional dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi, dan motor DC atau mesin engine juga dapat dioperasikan secara terpisah. Pengisian ulang energi listrik ke battery dilakukan oleh alternator dengan hasil tegangan charger 24 Volt dan arus maksimal 2 A. Putaran mesin hybrid yang dihasilkan rata-rata 6.150 rpm, sedangkan motor DC rata-rata menghasilkan putaran 1.980 rpm.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering (20201) |
Depositing User: | CKO Repository |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 12:25 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 12:25 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |