UMM Institutional Repository

ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM SEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN MULYOAGUNG 03 DAU-MALANG

FITRIANI, (2015) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM SEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN MULYOAGUNG 03 DAU-MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriani-40964-1-pendahul-n.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriani-40964-2-babi.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Melatar belakangi penelitian ini yaitu berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas, terlebih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik sesuai kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru. Jika aspek pelaksanaan pembelajaran tematik ini tidak diteliti secara mendalam maka proses belajar mengajar yang dilakukan guru akan mengalami penurunan. Untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang diinginkan yakni guru melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan uraian dari latar belakang, maka rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini sebagai berikut (1) bagaimana penerapan kurikulum dalam segi pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas IV SDN Mulyoagung 03 Dau-Malang (2) apa saja kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas IV SDN Mulyoagung 03 Dau-Malang (3) bagaimana upaya yang dilakukan guru dan sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas IV SDN Mulyoagung 03 Dau-Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, kendala dan upaya dalam melaksanakan pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV. Dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran tematik pada tema tempat tinggalku kelas IV SDN Mulyoagung 03 Dau-Malang sudah sesuai dengan kurikulum 2013, karena guru sudah menyajikan pembelajaran dengan memadukan berbagai muatan pelajaran dalam satu proses belajar mengajar dan menyajikan pembelajaran yang memuat komponen karakteristik terpadu.(2) guru mengalami kendala pada saat pelaksanaan pembelajaran tematik dikarenakan dipengaruhi oleh kegiatan pembelajaran dibuku pedoman tematik kurang sesuai dengan keadaan kelas dan tingkat pola pikir siswa belum secara maksimal terbentuk sesuai tuntutan kurikulum 2013 (3) guru dan sekolah sudah melakukan upaya, yaitu dengan melakukan diskusi atau mengevaluasi kembali dari hasil pelaksanaan pembelajaran sesama guru SDN Mulyoagung 03 Malang dan mengupayakan pola pikir siswa yang semula menunggu penjelasan guru ke kegiatan aktif berfikir menjadi siswa lebih aktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 12:25
Last Modified: 22 Mar 2016 12:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21599

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo