UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN BANK KAPASITOR UNTUK MEMPERBAIKI FAKTOR DAYA DAN MENGURANGI RUGI-RUGI DAYA MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC PADA SALURAN LISTRIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (KAMPUS 3 GKB - 1)

AGUSTIYANA, NUR ANITA (2015) PENGGUNAAN BANK KAPASITOR UNTUK MEMPERBAIKI FAKTOR DAYA DAN MENGURANGI RUGI-RUGI DAYA MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC PADA SALURAN LISTRIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (KAMPUS 3 GKB - 1). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuranitaag-39162-1-pendahul-n.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nuranitaag-39162-2-babi.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Pada makalah ini nantinya akan membahas tentang penggunaan bank kapasitor untuk memperbaiki faktor daya dan mengurangi rugi-rugi daya menggunakan Fuzzy logic. Dalam sistem tenaga listrik, perubahan beban sangat mempengaruhi kondisi operasi sistem. Umumnya beban sistem tenaga listrik bersifat induktif. Beban induktif akan menyerap daya reaktif disamping daya nyata. Hal ini menyebabkan meningkatya rugi-rugi dan jatuh tegangan pada saluran distribusi serta diperlukan kapasitas peralatan yang relatif besar. Salah satu alternatif untuk memperbaiki kondisi ini adalah dengan pemasangan bank kapasitor pada jaringan tenaga listrik. Model sistem yang digunakan pada tugas akhir ini yaitu dengan memasangkan bank kapasitor pada faktor daya yang kurang dari 98%. Penentuan parameter yang baik untuk Fuzzy juga mempengaruhi nilai faktor daya, sehingga perolehan parameter yang sesuai untuk Fuzzy ini ditentukan menggunakan metode pencarian nilai kontrol PI sebagai batasannya. Hasil simulasi dalam penggunaan Fuzzy dan pemasangan bank kapasitor menunjukkan bahwa respon kestabilan faktor daya menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari respon sistem faktor daya yang nilainya diatas 98% dibandingkan sebelum menggunakan bank kapasitor yaitu paling rendah 33%. Ini menunjukkan bahwa respon kstabilan faktor daya menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 12:23
Last Modified: 22 Mar 2016 12:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21597

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo