UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD

DAMAYANTI, IRMA (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan penelitian pengembangan multimedia ini bertujuan agar kebutuhan siswa tumbuh dan berkembang dengan baik dapat tercapai. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah multimedia interaktif. Sebagai sumber belajar yang inovatif, multimedia interaktif menyajikan materi pembelajaran agar dapat merangsang minat siswa untuk belajar. Penggunaan multimedia interaktif sebagai sumber belajar akan lebih menarik bagi siswa karena video disesuaikan dengan kehidupan anak, bahan pelajaran juga akan lebih jelas karena disesuaikan tema pembelajaran, metode dalam pembelajaran akan lebih bervariasi dan siswa akan lebih banyak melakukan berinteraksi dalam pembelajaran. Meskipun guru sudah menerapkan multimedia sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran, tetapi multimedia tersebut belum mampu memberikan manfaat yang efektif sebagai sumber belajar yang sesuai dengan kondisi ideal pemanfaatan multimedia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development) yaitu, menggunakan model Borg and Gall (1983). Adapun langkah-langkah pengembangan yang dimaksud adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Perbaikan Desain, Ujicoba Produk, Revisi Produk, Ujicoba Pemakaian, Revisi Produk Tahap Akhir dan Produksi Massal. Pengembangan produk pada penelitian ini, hanya dilakukan hingga langkah (8) yaitu ujicoba pemakaian. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukan bahwa desain multimedia interaktif pada materi “Lingkungan Sahabat Kita” menunjukan kriteria sangat valid dengan persentase 88%. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukan kriteria sangat valid dengan persentase 88% sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran menunjukan kriteria sangat valid dengan persentase 98%. Selain itu, hasil ujicoba produk kelompok kecil pada 6 siswa kelas V SDN Kendalrejo 2 Talun-Blitar dengan persentase respon positif siswa sebanyak 77%. Adapun ujicoba kelompok besar dengan menggunakan responden 19 siswa kelas menunjukan persentase sebesar 86,5%. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif sebagai pemantapan materi tema lingkungan sahabat kita dapat dijadikan sebagai inovasi baru dalam pemilihan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 12:23
Last Modified: 22 Mar 2016 12:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21596

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo