UMM Institutional Repository

PROSES PEMBELAJARAN ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN PUNTEN 01 KOTA BATU

KRISDAYANTI, RIRIN (2015) PROSES PEMBELAJARAN ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN PUNTEN 01 KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ririnkrisd-40970-1-pendahul-n.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ririnkrisd-40970-2-babi.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 berbasis karakter dan kompetensi. Hal tersebut menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan berbagai kegiatan sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan. Pembelajaran untuk anak ADHD membutuhkan pola tersendiri sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran anak ADHD (2) mendeskripsikan kendala apa saja yang ada dalam proses pembelajaran anak ADHD, dan (3) mendeskripsikan upaya-upaya apa saja yang ditempuh untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam melaksanakan proses pembelajaran anak ADHD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripitif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini dilakukan pada Mei–Juni yang berlokasi di SDN Punten 01 Kota Batu dengan sumber data guru kelas, kepala sekolah. Prosedur pengumpulan data dilakukan berdasarkan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran ADHD guru menggunakan RPP dari silabus yang telah dimodifikasi oleh sekolah, media pembelajaran yang digunakan guru yaitu media gambar, dan untuk menarik perhatian siswa guru menggunakan media pazzel, kotak dadu dan media permainan lain. Metode yang digunakan seperti ceramah, tanya jawab dan penugasan. Evaluasi pembelajaran yaitu dengan penilaian proses dan hasil belajar siswa (2) Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran anak ADHD yaitu kurangnya konsentrasi siswa pada kegiatan pembelajaran dan kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran (3) Upaya yang dilakukan guru agar siswa konsentrasi yaitu dengan sentuhan dan kontak mata. Untuk memenuhi sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran guru menggunakan sarana dan prasarana seadanya yang tersedia di sekolah. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar proses pembelajaran dapat menggunakan metode dan media yang variatif, serta sarana prasarana yang memadai sehingga dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 11:08
Last Modified: 22 Mar 2016 11:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21588

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo