UMM Institutional Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJARSIFAT BENDA PADA SISWA KELAS III SDN PENDEM 2 BATU

HELVIANDARI, RARAS PUJI (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJARSIFAT BENDA PADA SISWA KELAS III SDN PENDEM 2 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raraspujih-40983-1-pendfix.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raraspujih-40983-2-babi.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa , ada beberapa masalah yang dihadapi guru dan siswa di SDN Pendem 2 Batu yakni dalam kegiatan pembelajaran IPA.Guru cenderung mengunakan model pembelajaran konvesional seperti ceramah dan tanya jawab. Perlu adanya upaya peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran dengan pendekatan kosntruktivisme yaitu learning cycle. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakahada pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar pengetahuan (kognitif), sikap (afektif)danketerampilan (psikomotor) tentang sifat bendapada siswa kelas III SDN Pendem 2. Sesuai dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar pengetahuan (kognitif),sikap (afektif)danketerampilan (psikomotor) tentang sifat benda pada siswa kelas III SDN Pendem 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengandesain quasi experimental. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas III A sebagaikelaskontroldankelas III B sebagaikelaseksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan model konvesional sedangkan pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan model Learning Cycle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model learning cycleberpengaruh terhadap hasil belajar sifat benda pada siswa kelas III SDN Pendem 2 Batu . hal ini ditunjukkan dengan membandingkan hasil nilai t hitung pada ranah kognitif diperoleh sebesar -2,252 dan t tabel sebesar 2,02. Signifiksansi diperoleh 0,030, t hitung (-2,252 ) > t tabel (2,02 )dan signifikansi 0,030 < 0,05, pada ranah afektif diperoleh sebesar t hitung (-2,489) > t tabel dan signifikansi diperoleh 0,017 < 0,05 , sedangkan pada ranah psikomotor diperoleh sebesar -2,323 > 2,02 dan signifikansi diperoleh 0,026 < 0,05. Dari hasil perhitungan disimpulkan bahwa H0ditolak yang artinya terdapat pengaruh dari penerapan model learning cycle terhadap hasil belajar sifat benda pada siswa kelas III di SDN Pendem 2 Batu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 10:52
Last Modified: 22 Mar 2016 10:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21577

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo