UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS TINGGI DI LINGKUNGAN SD KOTA MALANG GUGUS 1 KECAMATAN KLOJEN

KUMALASARI, RACHMAWATI INDAH (2015) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS TINGGI DI LINGKUNGAN SD KOTA MALANG GUGUS 1 KECAMATAN KLOJEN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmawati-40987-1-pendahul-n.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rachmawati-40987-2-babi.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pelaksanaan model pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 pada kelas tinggi di lingkungan SD Kota Malang Gugus 1 Kecamatan Klojen bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran, mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan model pembelajaran, dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mengambil 2 Sekolah Dasar sebagai sampel yaitu SDN Klojen dan SDN Kiduldalem 2 dengan subjek penelitian guru kelas IV dan V. SDN Klojen peneliti mengambil kelas IVB dan IVC sedangkan di SDN Kiduldalem 2 peneliti mengambil kelas IV dan V. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2015 dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tahapan pelaksanaan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Perencanaan pembelajaran berupa silabus yang sudah disediakan oleh kemendikbud, RPP yang dibuat sendiri oleh guru dengan langkah-langkah yang sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan dan menggunakan strategi, metode, serta pendekatan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran kelas IVB di SDN Klojen menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, sedangkan kelas VC di SDN Klojen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada pelaksanaan pembelajaran kelas IV dan kelas V di SDN Kiduldalem 2 menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Pada pelaksanaannya guru melakukan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran yang digunakan. Penilaian yang dilakukan guru meliputi penilaian sikap, penilaian keterampilan dan penilaian pengetahuan. Kendala yang dialami guru dalam perencanaan pembelajaran yaitu menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan materi. Pada pelaksanaan pembelajaran guru terkendala oleh waktu dan mengarahkan siswa menalar, memecahkan masalah serta membuat kesimpulan. Pada penilaian yaitu guru memisahkan nilai kedalam mata pelajaran. Upaya yang dilakukan guru dalam perencanaan pembelajaran adalah guru membuat RPP. Pada pelaksanaan model pembelajaran yaitu memberikan jam pembelajaran tambahan, memberikan penugasan dan menyiapkan media yang manarik. Pada penilaian pembelajaran yaitu Guru memberikan nilai secara langsung ketika proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 10:46
Last Modified: 22 Mar 2016 10:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21574

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo