UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS III SDN WONOSARI NGORO MOJOKERTO

ANGGRAENI, ERISKI NUR (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS III SDN WONOSARI NGORO MOJOKERTO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eriskinura-39707-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eriskinura-39707-2-babi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Siswa Kelas III SDN Wonosari Ngoro Mojokerto mengalami kesulitan pada materi menulis karangan sederhana pada pelajaran bahasa Indonesia. Banyak siswa yang nelum mencapai standart Ketuntasan yang ditentukan sekolah dan belum bisa menulis karangan sederhana dengan baik dan benar. Sifat materi yang bersifat abstrak siswa sulit memahami. Siswa hanya cenderung menulis tetapi tidak mengetahui konsep yang benar. Siswa sulit untuk memperoleh nilai yang sesuai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan sederhana dengan metode picture and picture. Metode picture and picture terdiri serangkaian gambar seri yang diajak dan berbagai macam tema. Kriteria Ketuntasan minimum yang digunakan sekolah adalah 70,00. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain Siklus PTK model Kemmis S dan Mc. Taggart. Subjek dan tepat dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Wonosari Ngoro Mojokerto dengan jumlah siswa 32 siswa , terdiri dari 17 siswa putra dan 15 Siswi putri.Sesuai dengan ketercapaian tujuan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada Ketuntasan hasil menulis karangan sederhana klasikal siswa dapat deperoleh data bahwa pada siklus 1 kriteria ketuntasan minimal dalam pelajaran Bahasa Indonesia belum tercapai dikarenakan pada Siklus I masih terdapat beberapa siswa yang belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran, siswa masih enggan bertanya kepada gur dan siswa masi mengalami kesulitan dalam menunagkan idenya kedalam bentuk tulisan. sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan sudah tercapai siswa sudah berkontribusi sepenuhnya dalam kegiatan pembelajaran, siswa mampu menuangkan ide kedalam sebuah tulisan berbentuk karangan sederhana. siklus I yaitu sebesar 56% (22 dari 32 siswa), pada siklus II meningkat sebesar 85% (29 dari 32 siswa). Terjadi peningkatan hasil nilai siswa dalam mengarang pada siklus II, sehingga dapat dikatakan behwa dengan metode Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan sederhana. siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan Metode Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karanagan sederhana dan menciptakan Susana pembelajaran yang menyenangkan. Peneliti merekomendasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia hendaknya menggunakan metode picture and picture sebagai metode pembelajaran agar lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 10:35
Last Modified: 22 Mar 2016 10:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21567

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo