UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA JARI (BOJAR) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGEMARANKU KELAS I SEKOLAH DASAR

KHOIRUNNISAK, EVA (2015) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA JARI (BOJAR) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGEMARANKU KELAS I SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evakhoirun-39708-1-bagiand-n.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evakhoirun-39708-2-babi..pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan bagian dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Kurangnya ketersediaan media berbasis tematik kelas I Sekolah Dasar menjadi kendala dalam tercapainya tujuan pembelajaran tematik. Guru belum pernah membuat dan mengembangkan media pembelajaran tematik, sehingga media yang digunakan guru masih berbasis satuan mata pelajaran. Media pembelajaran dapat membantu mengatasi kesulitan peserta didik dalam memahami materi. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan edukatif, akan mempermudah proses pembelajaran. Sehingga masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media bojar dan keefektifannya dalam pembelajaran tematik tema kegemaranku kelas I SD. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan media pembelajaran dan menghasilkan produk berupa media Boneka Jari (BOJAR) yang digunakan pada pembelajaran tematik tema kegemaranku kelas I SD, dengan harapan media pembelajaran dapat digunakan secara efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development yaitu metode penelitian dan pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan dan menguji keefektifan produk. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi pembelajaran tematik serta diujicobakan pada peserta didik dan diberi respon oleh guru sebagai observer. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisi kuantitatif. Hasil temuan produk dapat disimpulkan bahwa: (1) penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media boneka jari (BOJAR) yang dapat digunakan di kelas 1 Sekolah Dasar (2) Media bojar terbuat dari kain flanel dengan berbagai macam bentuk alat musik yang disajikan dalam bentuk boneka jari (3) pengembangan media yang dilakukan terdiri dari tahap analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi oleh ahli, revisi produk, dan uji coba pada peserta didik (3) hasil validasi oleh ahli media pembelajaran didapat skor 95% sedangkan hasil validasi oleh ahli materi pembelajaran didapat skor 100% (4) hasil uji coba terhadap guru sebagai observer kelompok kecil dan kelompok besar menunjukkan media bojar dalam kategori sangat baik yaitu masing-masing persentasenya 90% dan 98%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 10:31
Last Modified: 22 Mar 2016 10:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo