UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH BAGI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN MOJOLANGU 05 MALANG

WISUDANINGTYAS, RATIH TRY (2015) ANALISIS PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH BAGI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN MOJOLANGU 05 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratihtrywi-40997-1-pendahul-n.pdf

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratihtrywi-40997-2-babi.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti untuk menemukan masalah bahwa penggunaan macromedia flash pada SDN Mojolangu 05 Malang ini tergolong sedang. Dalam proses pembelajaran siswa kurang mengusai materi dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mendapat informasi dari Guru Kelas 1 dan 4 tentang bagaimana penggunaan macromedia flash bagi guru dalam proses pembelajaran dengan menganalisis fakta-fakta yanga ada dilapangan.peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan, kendala dan upaya dalam penggunaan macromedia flash. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan peneliti berperan sebagai observer non partisipan. Penelitian dilakukan di SDN Mojolangu 05 Malang dan waktu penelitian pada tanggal 28-31 Juli 2015. Subjek yang diteliti yaitu guru kelas 1 dan 4. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan rambu-rambu observasi, wawancara dan angket. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan macromedia flash bagi guru dalam proses pembelajaran di SDN Mojolangu 05 Malang berjalan lancar mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Guru mengaplikasikan macromedia flash dengan baik, kecepatan navigasi dan kognitifnya nampak. Setiap proses pembelejaran pasti memiliki kelebihan, kendala dan solusi, kelebihanya yaitu dapat menarik minat siswa, menghemat waktu, kendalanya mencangkup kendala interal dan eksternal. Kendala internal yaitu ketakutan guru terhadap siswa yang tidak maksimal menerima pembelajaran melalui macromedia flash dan persoalan waktu untuk mempelajari teknologi yang semakin canggih. Kendala eksternal yaitu sering terjadi pemadaman listrik dilingkungan SDN Mojolangu 05 Malang, semakin upgrade tentang macromedia flash menjadi adobe flash, dan tidak semua guru di SDN Mojolangu 05 Malang menggunakan macromedia flash. selanjutnya, solusi atau upaya yang dilakukan guru yaitu guru tetap memberikan masukkan untuk penguatan siswa terhadap materi yang di pelajari, guru kelas 1 dan 4 secara perlahan mulai mengenalkan macromedia flash terhadap guru lain di SDN Mojolangu 05 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 10:23
Last Modified: 22 Mar 2016 10:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo