UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU TEMA CITA-CITAKU SISWA KELAS IV SDN LOWOKWARU 03 MALANG

ALVIANI, B. MERI (2015) PELAKSANAAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU TEMA CITA-CITAKU SISWA KELAS IV SDN LOWOKWARU 03 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bmerialvia-39839-1-pendahul-n.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bmerialvia-39839-2-babi.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal pada hari Senin, 22 September 2014 terhadap guru kelas IV SDN Lowokwaru 03 Malang diketahui bahwa siswa masih membutuhkan penyesuaian dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan scientific. Hal tersebut disebabkan karena pada kelas sebelumnya masih menggunakan kurikulum KTSP. Selain itu, peserta didik juga belum melaksanakan pembelajaran secara bermakna dengan mengalami langsung setiap kegiatan pembelajaran. Sehingga guru mengalami kesulitan dalam penyampaian materi pembelajaran, karena peserta didik masih terbiasa menerima informasi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui pelaksanaan pendekatan scientific, (2) mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendekatan scientific, dan (3) mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendekatan scientific. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pendekatan scientific dilaksanakan dalam enam kali pembelajaran. Pada pembelajaran 1 dan 5 semua langkah-langkah pendekatan scientific dilaksanakan, sedangkan pada pembelajaran 2, 3, 4, dan 6 tidak semua langkah-langkah pendekatan scientific dilaksanakan. (2) kendala yang muncul pada pelaksanaan pendekatan scientific yakni siswa sulit dikondisikan untuk memulai pembelajaran. (3) upaya guru untuk mengatasi kendala yang muncul yaitu, mengajak siswa bernyanyi bersama, dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan materi yang telah mereka pelajari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 10:10
Last Modified: 22 Mar 2016 10:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21542

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo