UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDN KETAWANGGEDE KOTA MALANG

FERNANDA, TRI (2015) ANALISIS KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDN KETAWANGGEDE KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trifernand-41014-1-pendahul-n.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trifernand-41014-2-babi.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Konsep pendidikan inklusif mencerminkan pendidikan untuk semua tanpa terkecuali, tidak memandang keterbatasan maupun latar belakang kehidupan anak.SDN Ketawanggede Kota Malang sebagaisekolah yang menyelenggarakan pendidikan inklusif sudah mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus dalam rombongan belajar bersama anak normal didalam kelas reguler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusif di SDN Ketawanggede Kota Malang, (2) kendala yang dihadapi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif, dan (3) upaya dalam menyelesaikan kendala penyelenggaraan pendidikan inklusif di SDN Ketawanggede Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang dipilih adalah kepala sekolah, guru pembimbing khusus, guru kelas dan orangtua siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2015 yaitu pada tanggal 5-12 Agustus 2015 dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) kebijakan sekolah dalam penerimaan siswa tidak semua jenis anak berkebutuhan khusus tertampung, penggunaan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus, guru kelas kurang memahami tentang konsep pembelajaran anak berkebutuhan khusus, bentuk penilaian disesuaikan dengan tingkatan kemampuan anak berkebutuhan khusus, jumlah sarana dan prasarana disesuaikan dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus masih terbatas, keterbatasan jumlah guru pembimbing khusus, (2) kendala yang dihadapi sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif yaitu pengadaan guru pembimbing khusus, pemahaman guru terhadap anak berkebutuhan khusus, dan sarana dan prasarana yang masih kurang dalam menunjang proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus, (3) upaya ditempuh sekolah dalam mengahadapi kendala dalam penyelanggaraan pendidikan inklusif yaitu menyelenggarakan paguyuban inklusi, mengikutkan pelatihan untuk guru pembimbing khusus, pengadaan sarana dan prasarana disesuikan dengan kemapuan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 10:07
Last Modified: 22 Mar 2016 10:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21539

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo