UMM Institutional Repository

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN BANJARAGUNG 2

FADILAH, NIA DWI (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN BANJARAGUNG 2. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-niadwifadi-39843-1-pendahul-n.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-niadwifadi-39843-2-babi.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik terpadu menggabungkan berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema dan berpusat pada peserta didik. Pada kenyataanya pembelajaran di kelas V SDN Banjaragung 2 masih berpusat pada guru serta masih terlihat lapisan per mata pelajaran. Siswa masih kurang aktif dan kurang perhatian pada guru. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan saintifik menggunakan model penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik menggunakan model penemuan terbimbing pada pembelajaran tematik kelas V SDN Banjaragung 2, (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dengan penerapan pendekatan saintifik menggunakan model penemuan terbimbing pada pembelajaran tematik kelas V SDN Banjaragung 2, dan (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan saintifik menggunakan model penemuan terbimbing pada pembelajaran tematik kelas V SDN Banjaragung 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari tahun 2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa SDN Banjaragung 2. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analasis data menggunakan perhitungan persentase aktivitas siswa dan guru serta tes evaluasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran siklus I dan siklus II dilaksanakan sesuai dengan sintak pendekatan saintifik dengan model penemuan terbimbing yang telah digabungkan. (2) Aktivitas siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut terlihat dari siswa lebih memperhatikan guru dan aktif mengajukan pertanyaan. (3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan terlihat dari nilai evaluasi siswa secara klasikal mengalami peningkatan 44% dari siklus sebelumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 10:03
Last Modified: 22 Mar 2016 10:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21534

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo