UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SDN MOJOREJO 01 BATU

DESANTI, WIRNA (2015) ANALISIS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SDN MOJOREJO 01 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wirnadesan-41019-1-pendahul-n.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wirnadesan-41019-2-babi.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan sekolah dasar merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan sekolah tersebut. Sekolah Dasar Negeri Mojorejo 01 Batu merupakan salah satu sekolah yang memiliki perpustakaan dimana perpustakaan ini sebagai tempat belajar di sekolah selain di dalam kelas. Namun, siswa hanya berkunjung ke perpustakaan sekolah jika diberi tugas oleh guru dan ada koleksi buku-buku baru yang datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di SDN Mojorejo 01 Batu, (2) kendala yang dihadapi sekolah dalam mengembangkan perpustakaan sekolah di SDN Mojorejo 01 Batu, dan (3) upaya yang dilakukan sekolah dalam mengembangkan perpustakaan sekolah di SDN Mojorejo 01 Batu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang dipilih adalah kepala sekolah, petugas perpustakaan, dan guru kelas 1. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2015 yaitu pada tanggal 28-30 Mei 2015 dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) dilihat dari beberapa faktor yaitu koleksi buku, pelayanan perpustakaan dan kegiatan siswa di perpustakaan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di SDN Mojorejo 01 Batu belum maksimal (2) kendala yang dihadapi perpustakaan sekolah SDN Mojorejo 01 Batu dalam hal pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa yaitu waktu kunjung perpustakaan kurang dimanfaatkan dengan baik, guru kurang memanfaatkan bahan pustaka dalam proses pembelajaran, kurang maksimalnya pelayanan perpustakaan, dan pembiayaan (3) upaya yang ditempuh perpustakaan sekolah SDN Mojorejo 01 Batu untuk mengatasi kendala dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa di SDN Mojorejo 01 Batu yaitu membuat jadwal jam perpustakaan, adanya jam belajar di perpustakaan, menggali dana dari instansi lain, dan menjaga dan merawat perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 10:00
Last Modified: 22 Mar 2016 10:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21530

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo