UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SDN JATIMULYO 01 MALANG

KASANAH, IKA ROHMATUL (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SDN JATIMULYO 01 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikarohmatu-39845-1-pendahul-n.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikarohmatu-39845-2-babi.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran tematik masih belum maksimal, pelaksanaan tersebut dapat diperoleh dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SDN Jatimulyo 01 juga kurang memuaskan. Penyebab dari masalah tersebut adalah guru kurang menerapkan berbagai variasi metode pembelajaran yang menarik, inovatif dan kreatif, sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut perlu adanya upaya peningkatan melalui penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping yang bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan cara membuat peta pikiran pada materi ekosistem kelas 5 SDN Jatimulyo 01. (2) Mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran peta pikiran pada tema ekosistem kelas 5 SDN Jatimulyo 01. (3) Mendeskripsikan metode pembelajaran peta pikiran dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi tema ekosistem kelas 5 SDN Jatimulyo 01. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian. Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini berasal dari siswa kelas V SD Jatimulyo 01 kota Malang, dengan jumlah 10 siswa, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif maupun kuantitatif. Keterlaksanaan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah dalam penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dan berlangsung dengan baik pada siklus I dan siklus II. Adapun peningkatan proses belajar siswa siklus I dimana siswa kurang mandiri menyusun peta pikiran dengan kurang kreatif, kurang menarik, dan kurang aktif menjadi lebih mandiri dalam penyusunan peta pikiran, dan lebih kreatif, menarik dan aktif dalam pembelajaran. Sedangkan ketercapaian penilaian hasil belajar siklus I terdapat 5 siswa mencapai KKM, dan siklus II terdapat 8 siswa mencapai KKM. dengan kreteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada tema ekosistem kelas V SDN Jatimulyo 01 Malang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:58
Last Modified: 22 Mar 2016 09:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21529

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo