UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 8 (TEMPAT TINGGALKU) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH KELAS IV-A SDN TASIKMADU 2

Khasanah, Suriyah (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA 8 (TEMPAT TINGGALKU) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH KELAS IV-A SDN TASIKMADU 2. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suriyahkha-39848-1-pendahul-n.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suriyahkha-39848-2-babi.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab tidak tuntasnya hasil belajar adalah banyaknya siswa yang kurang aktif dan cenderung individual serta kekurang pahaman siswa pada materi pelajaran. Oleh karena itu diterapkan alternatif model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tema 8 (tempat tinggalku) pada siswa kelas IV-A SDN Tasikmadu 2. Model pembelajaran ini lebih menyenangkan karena melibatkan media pembelajaran yang dibuat oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match tema 8 (Tempat tinggalku), subtema 1 (Lingkungan tempat tinggalku), pembelajaran 4 siswa kelas IV-A SDN Tasikmadu 2 dan bagaimana peningkatan hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match tema 8 (Tempat tinggalku), subtema 1 (Lingkungan tempat tinggalku), pembelajaran 4 siswa kelas IV-A SDN Tasikmadu 2. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang memerlukan beberapa siklus. Subyek penelitian adalah tematik pada semester genap tahun akademik 2014/2015, Obyek penelitian adalah siswa kelas IV-A SDN Tasikmadu 2 yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan. Penelitian dilaksanakan pada bulan April. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil rata-rata pada siklus I yaitu berjumlah 70,94 dan siklus II berjumlah 77,94. Presentase hasil belajar siswa dengan jumlah KKM yang di tentukan sekolah yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) 75, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 75, dan Bahasa Indonesia 75. Pada siklus I yang mencapai ketuntasan yaitu 47,22% dan siswa yang belum mencapai ketuntasan yaitu 52,77%. Sedangkan pada siklus II yang mencapai ketuntasan adalah 80,55% dan yang belum tuntas yaitu 19,44%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar tema 8 (Tempat tinggalku), subtema 1 (Lingkungan tempat tinggalku), pembelajaran 4 Siswa Kelas IV-A SDN Tasikmadu 2. Sudah banyak siswa yang dapat mencocokkan kartu dengan benar dan sudah dapat bekerja sama dengan temannya dan kelompoknya. Peningkatan hasil belajar ini karena guru selalu memperbaiki kinerjanya pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:54
Last Modified: 22 Mar 2016 09:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21523

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo