UMM Institutional Repository

PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION MATERI CUACA (IPA) SISWA KELAS III SDN KEBARON KABUPATEN SIDOARJO

ARDILAH, FIDYAH DESY (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION MATERI CUACA (IPA) SISWA KELAS III SDN KEBARON KABUPATEN SIDOARJO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fidyahdesy-41033-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fidyahdesy-41033-2-babi.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di awali dari hasil wawancara yang dilakukan di SDN Kebaron kabupaten Sidoarjo pada tingkatan anak kelas 3. Dalam wawancara tersebut diketahui bahwa kurangnya inovasi model-model pembelajaran yang diterapkan, guru lebih sering menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang terkadang membuat siswa merasa jenuh selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan tipe Group Investigation pada siswa kelas III SDN Kebaron Kabupaten Sidoarjo, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan tipe Group Investigation pada siswa kelas III SDN Kebaron Kabupaten Sidoarjo. Jenis desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi-Experimental Design dengan desain kedua kelompok eksperimen tidak dipilih secara random. Pada pelaksanaan pembelajaran, mula-mula siswa diberi pretest. Selanjutnya penyampaian materi pada siswa dengan pemberian perlakuan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Group Investigasi (GI) dikelas yang berbeda. Setelah diberi perlakuan cukup, siswa diberi posttest. Terakhir hasil posttest dianalisis untuk melihat perbedaan perlakuan yang telah diberikan. Adapun teknik pengujian yaitu uji normalitas, uji hompgenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t menggunakan SPSS versi 16. Pada hasil perhitungan setelah dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas dengan hasil semua data berdistribusi normal dan homogen, dilakukan pengujian data uji “t” dari uji beda skor peningkatan hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation nilai t-hitung adalah 0,231 dengan Sig. (2-tailed) 0,819 dan t-table 2,02. Jadi, t-hitung (0,231) berada diantara nilai t-tabel (2,02), hipotesis nol 〖(H〗_0) diterima. Sedangkan berdasarkan nilai probabilitas taraf nyata signifikan = 0,05 diperoleh sig (2-tailed) 0,819, karena probabilitas > 0,05 maka H0 diterima, yang artinya kedua data merupakan identik atau tidak terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:52
Last Modified: 22 Mar 2016 09:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21522

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo