UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS METODE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 6 MALANG

ANOVARISCA, VIRETHA (2015) EFEKTIVITAS METODE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 6 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-virethaano-41041-1-pendahul-n.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-virethaano-41041-2-babi.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik integratif masih di SD Muhammadiyah 6 Malang masih mengalami berbagai kendala. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini difokuskan pada penerapan metode scramble, hasil belajar tematik integratif dengan menggunakan metode scramble, dan efektivitas metode scramble. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini antara lain untuk mendeskripsikan penerapan metode scramble, hasil belajar tematik integratif dengan menggunakan metode scramble, dan efektivitas metode scramble. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Muhammadiyah 6 Malang denga jumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas II SD Muhammadiyah 6 Malang. Data penelitian diperoleh melalui teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan rata-rata hasil pretest yaitu 65,92, hasil posttest yaitu 78,40. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai thitung yaitu sebesar -20,685 dengan nilai signifikansi 0,000. Untuk menunjang keefektifan metode scramble, juga dilakukan perhitungan uji ketuntasan belajar klasikal yang menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan setelah perlakuan mencapai 84%. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode scramble efektif terhadap hasil belajar pembelajaran tematik integratif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:48
Last Modified: 22 Mar 2016 09:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21517

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo