UMM Institutional Repository

PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS IV DI LINGKUNGAN SD KOTA MALANG GUGUS 2 KECAMATAN BLIMBING

FEBRIANI, YAYUK (2015) PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS IV DI LINGKUNGAN SD KOTA MALANG GUGUS 2 KECAMATAN BLIMBING. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yayukfebri-41055-1-pendahul-n.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yayukfebri-41055-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang dikembangkan untuk meningkatkan dan menyeimbangkan kemampuan soft skills dan hard skill yaitu sikap, keterampilan dan pengetahuan, untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiiki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, bernegara, dan peradaban dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pelaksanaan kurikulum 2013 dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika pelaksanaan kurikulum 2013 pada kelas IV di Lingkungan SD Kota Malang Gugus 2 Kecamatan Blimbing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, Sumber data berasal dari guru kelas didukung dengan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2015 pada kelas IV semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan problematika pada aspek perencanaan pembelajaran guru-guru belum mempersiapkan/ mencetak silabus, guru belum menyusun dan mencetak RPP. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan awal ada beberapa kegiatan yang tidak sesuai dan tidak dilaksanakan guru sesuai dengan RPP dan kegiatan inti guru kesulitan dalam menerapkan langkah kegiatan pembelajaran yaitu dalam kegiatan mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Pada aspek penilaian guru mengalami kesulitan di dalam menentukan format penilaian, guru menilai kongnitif siswa sesuai dengan muatan pelajaran, guru kesulitan dalam melaksanakan penilaian sikap. Upaya yang dilakukan guru dalam kegiatan perencanaan pembelajaran yaitu guru menyusun silabus dan RPP melalui KKG dan mengadopsi dari buku guru. Upaya yang dilakukan guru dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran yaitu guru melakukan kegiatan awal pembelajaran sesuai dengan buku guru, mengkondisikan siswa yang tidak fokus, membimbing siswa dalam mengerjakan tugas kelompok, dan mengumpulkan tugas kelompok. Upaya pada penilaian pembelajaran yaitu guru mengikuti format yang diberikan pengawas dan melakukan kesepakatan dengan rekan guru mengenai format penilaian, guru menilai siswa secara aktif dan melakukan penilaian sesuai dengan muatan pelajaran dan menghafalkan siswa yang sikapnya tertib kemudian melakukan penilaian langsung pada buku nilai siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:42
Last Modified: 22 Mar 2016 09:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21510

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo