UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA "DOMAT" (DOMINO MATEMATIKA) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 4 BATU

AMIROH, AULIYA (2015) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA "DOMAT" (DOMINO MATEMATIKA) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 4 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-auliyaamir-40063-1-pendahul-n.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-auliyaamir-40063-2-babi.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Untuk memberikan pembelajaran matematika pada anak SD, guru harus mengetahui cara berpikir anak. Perkembangan kognitif anak SD berada pada tahap praoperasional hingga operasional konkrit, anak belum dapat menyelesaikan masalah-masalah abstrak yang pemecahannya berkoordinasi dengan banyak faktor. Media yang sesuai dengan materi sangat dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran agar anak dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh sekolah. Berdasarkan hasil observasi awal, guru matematika kelas III di SD Muhammadiyah 4 Batu sudah melakukan inovasi media pembelajaran namun, dalam penggunaan media domat masih belum optimal. Oleh sebab itu peneliti melaksanakan penelitian dengan tujuan mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan kartu domino, mengetahui kendala dalam menggunakan kartu domino pada pembelajaran matematika dan mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam penggunaan media domat pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 4 Batu Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, angket serta studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah 4 Batu dengan menggunakan media domat sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan RPP yang dibuat oleh guru (2) kendala - kendala yang dihadapi dalam penggunaan media domat adalah pembuatan media membutuhkan waktu yang tidak sedikit, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permainan dengan menggunakan media domat relatif lama, terutama untuk kelompok yang di dalamnya terdapat siswa inklusi (3) upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala yang muncul dalam penggunaan media domat yaitu menyimpan dan memanfaatkan media domat yang sudah dibuat untuk digunakan pada materi pecahan selanjutnya, memberikan batasan waktu untuk menyelesaikan permainan, sedangkan untuk siswa inklusi akan diberikan pendampingan khusus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:40
Last Modified: 09 Feb 2018 09:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21507

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo