UMM Institutional Repository

ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS V DI SDN SUMBER SEKAR 01 MALANG

AZIZAH, NURHAFIZATUL (2015) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS V DI SDN SUMBER SEKAR 01 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurhafizat-41112-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurhafizat-41112-2-babi.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

esantunan berbahasa merupakan penerapan bahasa yang santun, halus baik dalam berkomunikasi secara lisan dengan lawan tutur. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam berkomunikasi pada siswa kelas V SDN Sumber Sekar 01 Malang, (2) mendeskripsikan faktor penyebab kurangnya kesantunan berbahasa pada siswa kelas V di SDN Sumber Sekar 01 Malang, (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan sekolah dalam membentuk kesantunan berbahasa pada siswa kelas V di SDN Sumber Sekar 01 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif yang mendeskripsikan kesantunan berbahasa siswa. Penelitian dilakukan di SDN Sumber Sekar 01 Malang yang berada di Jalan Sumber Sekar No. 111 Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SDN Sumber Sekar 01 Malang sudah menerapkan kesantunan berbahasa pada siswa saat berkomunikasi secara lisan. Akan tetapi, dalam pelaksanannya siswa hanya menerapkan kesantunan berbahasa saat berkomunikasi dengan guru maupun lawan bicara yang lebih tua, sedangkan dengan siswa yang lainnya masih kurang terlihat, (2) Faktor penyebab kurangnya kesantunan berbahasa berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu karakter anak yang masih pemalu dan takut berbicara secara lisan saat proses pembelajaran dikelas, usia anak, dimana kedewasaan anak akan berpengaruh terhadap kemampuan anak berkomunikasi lisan dengan baik dan tingkat kecerdasan anak.Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh lingkungan keluarga siswa yang mayoritas tingkat pendidikan orang tua hanya sampai SD dan SMP, lingkungan masyarakat yang kurang memperhatikan contoh bahasa yang santun 3) Upaya yang dilakukan sekolah untuk membentuk kesantunan Berbahasa pada siswa yaitu memberikan teladan penggunaaan Bahasa Indonesia yang sopan dan santun saat berkomunikasi lisan, menerapkan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan kamus kecil dan lingkungan yang kondusif untuk melatih anak berkomunikasi lisan dengan santun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:33
Last Modified: 22 Mar 2016 09:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21501

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo