UMM Institutional Repository

MOTIVASI BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN JUNREJO 01 KOTA BATU

KUSUMAWATI, YENIK (2015) MOTIVASI BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN JUNREJO 01 KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yenikkusum-41208-1-pendahul-n.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yenikkusum-41208-2-babi.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti bahwa terdapat kendala dalam belajar bahasa Jawa. Siswa kelas IV SDN Junrejo 01 Kota Batu merasa sulit untuk belajar bahasa Jawa karena bahasanya yang beraneka ragam tidak mudah untuk dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar bahasa Jawa siswa kelas IV SDN Junrejo 01 Kota Batu, (2) mendeskripsikan upaya peningkatan motivasi belajar bahasa Jawa pada siswa kelas IV SDN Junrejo 01 Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi dengan menggunakan metode kombinasi atau (mixed methods). Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan pada penelitian ini. Peneliti berperan sebagai pengumpul data dan penelitian ini dilakukan di SDN Junrejo 01 Kota Batu. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar wawancara dan lembar angket. Kegiatan analisis data kualitatif yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data kuantitatif yang digunakan yaitu mengelompokkan data, mentabulasi data, menyajikan data, dan melakukan perhitungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN Junrejo 01 Kota Batu memiliki motivasi belajar yang baik Hasil presentase motivasi belajar bahasa Jawa siswa mencapai 73.75 % yang termasuk kategori baik. Terdapat upaya-upaya peningkatan motivasi belajar bahasa Jawa yang dilakukan oleh guru yaitu (1) pemberian perumpamaan bahasa Jawa pada siswa ketika kelas kurang kondusif; (2) mengulang kembali materi yang belum dimengerti siswa; (3) pemberian motivasi pada siswa; (4) menggunakan teknik-teknik tertentu dalam pembelajaran bahasa Jawa seperti menggunakan lagu dolanan, media, dan multi metode.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:30
Last Modified: 22 Mar 2016 09:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21499

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo