UMM Institutional Repository

PENERAPAN KANTIN KEJUJURAN DI SD MUHAMMADIYAH 5 KOTA MALANG

HIDAYATULLAH, AGUNG TRI (2015) PENERAPAN KANTIN KEJUJURAN DI SD MUHAMMADIYAH 5 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agungtrihi-41233-1-pendahul-n.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agungtrihi-41233-2-bab1.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada dasarnya memiliki tujuan untuk mengubah perilaku manusia. Pendidikan merupakan salah satu cara untuk menghasilkan sumber daya manusia sehingga terjadilah perubahan kualitas kehidupan. Pendidikan adalah sebuah proses yang membantu menumbuhkan, mengembangkan, mendewasakan, membuat yang tidak tertata atau liar menjadi semakin tertata. Salah satu nilai karakter bangsa yang perlu dikembangkan adalah kejujuran. Kejujuran merupakan sifat terpuji harus dimiliki setiap orang. Sifat kejujuran perlu ditanamkan dalam seseorang sedini mungkin, karena kejujuran merupakan tanggung jawab moral seseorang terhadap nilai-nilai dan norma-norma agama dan masyarakat. Penanaman sifat kejujuran di sekolah harus ditekankan sebab tujuan pendidikan tidak hanya berujung pada peningkatan kecerdasan intelegensi semata, namun juga harus diiringi dengan peningkatan kualitas budi pekerti. Penanaman kejujuran melibatkan tiga pilar utama, yakni keluarga, sekolah dan masyarakat. Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang ikut bertanggung jawab dalam upaya membentuk perilaku positif. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 4,5 dan 6 SD Muhammadiyah 5 Kota Malang. Subjek penelitian berjumlah, kelas 4:20 siswa, kelas 5:20 siswa, dan kelas 6: 18 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 5 hari. Aadapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan kantin kejujuran di SD Muhammadiyah 5 kota Malang ? (2) Bagaimana hasil penerapan kantin kejujuran di SD Muhammadiyah 5 kota Malang ? Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu penelitian ini akan mendeskripsikan peristiwa yang terjadi dalam bentuk kalimat, untuk melengkapi data kualitatif digunakan juga data kuantitatif yaitu untuk mengukur prsentase kejujuran siswa. Data kuantitatif berupa angka-angka tentang hasil penerapan kantin kejujuran, sedangkan data kualitatif merupakan ungkapan yang menunjukkn tentang proses penerapan kantin kejujuran Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kejujuran siswa kelas 4,5 dan 6 sudah cukup baik. Dalam penerapan kantin kejujuran selama 5 hari diperoleh presentase keseluruhan untuk kelas 4 sebesar 93%, kelas sebesar 100% dan kelas 6 sebesar 99%. Dari hasil analisa dapat disimpulkan bahwa penerapan kantin kejujuran untuk kelas 4,5 dan 6 sudah bisa dibilang jujur. Manfaat dari penerapan kantin kejujuran itu sendiri (1) bagi peserta didik adalah dapat melatih kejujuran, (2) bagi guru adalah sebagai sarana mengaplikasikan nilai-nilai kejujuran yang telah diaplikasikan di dalam kelas, (3) bagi sekolah adalah terbentuknya perilaku jujur di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:25
Last Modified: 22 Mar 2016 09:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo