UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PAHLAWANKU SUBTEMA SIKAP KEPAHLAWANAN DI KELAS IV SD AL KAUTSAR PASURUAN

AZIZYAH, ISMIE (2015) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA PAHLAWANKU SUBTEMA SIKAP KEPAHLAWANAN DI KELAS IV SD AL KAUTSAR PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ismieazizy-40069-1-pendahul-n.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ismieazizy-40069-2-bab1.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di Sekolah Dasar memerlukan suatu metode pembelajaran dan media pembelajaran yang berbeda dalam kegiatan proses belajar mengajar yakni yang lebih interaktif, tidak monoton, memberikan keluasan berfikir siswa serta siswa terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Agar proses pembelajaran bagi siswa menjadi lebih bermakna perlu adanya kegiatan role playing dimana siswa seolah-olah mengalami hal-hal yang terjadi ketika proses pembelajaran berlangsung. Kegiatan role playing akan lebih optimal apabila ditunjang dengan media pembelajaran audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan metode role playing dan media audiovisual dalam pembelajaran tematik tema sikap kepahlawanan di kelas IV SD Alkautsar Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dijabarkan berupa data deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui observasi langsung dan hasil wawancara kepada informan yaitu guru kelas IV SD Al kautsar Pasuruan. Sumber data sekunder diperoleh melalui hasil dokumentasi berupa foto-foto selama proses pembelajaran berlangsung serta penggunaan RPP yang dilakukan guru selama pembelajaran tematik tema pahlawanku subtema sikap kepahlawanan. Penggunaan metode role playing dan media audiovisual dilakukan selama 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode role playing dan media audiovisual dalam pembelajaran tematik di kelas IV SD Alkautsar Pasuruan pada pertemuan pertama, belum terorganisasi secara baik namun pada pertemuan selanjutnya penggunaan metode role playing dan media audiovisual sudah menunjukkan adanya peningkatan dan persiapan yang lebih matang sebelum siswa bermain peran. Kendala yang dialami guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode role playing dan media audiovisual adalah 1) Menghadapi siswa yang malu, 2) Waktu yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran ini membutuhkan waktu yang lama. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi kendala adalah 1) Guru membiasakan siswa yang malu untuk maju di depan kelas, 2) Guru membatasi waktu dan ikut mengarahkan siswa ketika bermain peran, agar waktu yang digunakan ketika bermain peran tidak lama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:23
Last Modified: 22 Mar 2016 09:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21495

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo