UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VI SDN JATI PAYAK I MODO LAMONGAN

Suprayitno, Agung (2015) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VI SDN JATI PAYAK I MODO LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-devinacici-40438-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-devinacici-40438-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di awali dari hasil observasi awal, terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa kelas VI SDN Jati Payak I Modo Lamongan pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi Lembaga-lembaga Negara. Kesulitan yang dimaksud adalah pada pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan cenderung berorientasi pada guru serta belum digunakannya model dalam pembelajaran. Siswa sebagai objek dalam pembelajaran di dalam kelas hanya duduk, diam, mendengarkan penjelasan guru dan mengobrol dengan temannya. Hal ini berdampak pada kurang antusias siswa dalam mengikuti pelajaran sehingga hasil belajar yang dicapai siswa menunjukkan bahwa ketuntasan belajar pendidikan kewarganegaraan materi lembaga-lembaga Negara belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum mencapai ketuntasan minimal. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan, dari Hopkins dengan melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas VI SDN Jati Payak 01. Instrumen yang digunakan meliputi observasi guru, observasi siswa, catatan lapang, dokumentasi dan soal evaluasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tes evaluasi di setiap akhir siklus, hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan model Make a Match mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan presentase ketuntasan kla sikal pada siklus I dan II. Presentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 58,33% meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut membuktikan bahwa penggunaan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Lembaga-lembaga negara pada siswa kelas VI SDN Jati Payak I Modo Lamongan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 09:13
Last Modified: 22 Mar 2016 09:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21482

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo