UMM Institutional Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROGRAM HAFAL AL-QURAN DALAM MENANAMKAN NILAI RELIGIUS DI SD ALAM AR-ROHMAH MALANG

AGHNY, DEWI ROHMANA (2015) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROGRAM HAFAL AL-QURAN DALAM MENANAMKAN NILAI RELIGIUS DI SD ALAM AR-ROHMAH MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewirohman-41298-1-pendahul-a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewirohman-41298-2-babidra.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter suatu bentuk usaha yang berproses dalam pemberian bimbingan kepada peserta didik untuk mempengaruhi perkembangan karakter peserta didik yang baik dalam watak berfikir, berencana, bersikap, bertindak sesuai dengan nilai karakter yang luhur. Salah satu nilai yang perlu mendapat perhatian adalah nilai religius yaitu suatu nilai yang berhubungan dengan Tuhan dan sesama manusia yang keduanya saling berpengaruh bagi kehidupan manusia sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pendidikan karakter yang diimplementasikan melalui program hafal Al-Quran di SD Alam Ar-Rohmah. (2) kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui program hafal Al-Quran di SD Alam Ar-Rohmah serta upaya mengatasi kendala. (3) upaya sekolah dalam menanamkan nilai religius melalaui program hafal Al-Quran di SD Alam Ar-Rohmah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah analisis deskriptif. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru serta siswa kelas 1 dan kelas 4 SD Alam Ar Rohmah Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2015. Penelitian ini menggunakan beberapa metode dalam pemerolehan data yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi untuk keabsahan data. Teknik analisis data menggunakan teknik oleh Milles and Huberman yaitu reduksi, display atau penyajian dan verivikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pendidikan karakter melalui program hafal Al-Quran dalam penanaman nilai religius diintegrasikan melalui kegiatan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal,inti dan penutup dengan jadwal disela pembelajaran tematik. (2) kendala internal berupa pengaturan jadwal pembelajaran. Kendala eksternal dukungan yang berbeda beda dari setiap orangtua untuk anaknya. (3) upaya sekolah dalam menanamkan nilai religius harus dengan kerjasama tim semua anggota atau warga sekolah agar dapat mendukung tercapaiannya tujuan dari pendidikan karakter di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 08:38
Last Modified: 22 Mar 2016 08:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21481

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo